Australia Barat

Inilah Taman Kota Terbesar Dunia, Kings Park di Perth

Lifestyle - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
13 April 2019 23:05
Inilah Taman Kota Terbesar Dunia, Kings Park di Perth
Jakarta, CNBC Indonesia - Mengunjungi Australia Barat tidak hanya bisa menikmati keindahan pantai dan biota lautnya, namun tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi taman-taman kota terbesar di dunia. Wisatawan bisa mengunjunginya sebagai alternatif untuk bersantai, piknik, dan menikmati matahari Australia Barat.

Beberapa taman kota yang menarik dikunjungi misalnya di Perth, kota metropolitan dan modern. Perth amat mementingkan aspek hiburan gratis untuk warganya. Luasnya area ini bahkan mengalahkan besarnya Central Park di Kota New York. Meski berada di tengah kota metropolitan, areal ini memiliki udara yang bersih.

Dilansir dari detik.com yang berkesempatan mengunjungi Perth Maret lalu, selama masa kunjungannya Perth begitu cerah dan menggoda untuk bersantai ditemani oleh angin sepoi dan udaranya yang sejuk. Bersantai di taman kota bukan hanya kegiatan yang digemari wisatawan, warga Perth pun senang bersantai bersama keluarga ataupun jalan-jalan bersama anjingnya.


Lanskap gedung Kota Perth menjadi latar yang epik ketika Anda berfoto di sana. Kings Park dan Botanical Garden Perth juga merupakan rumah bagi semak Aborigin dan pepohonan berusia 750 tahun.

Jangan lupa membawa permadani piknik dan melepas sepatu anda, untuk menikmati keasriannya. Anda juga bisa melihat pohon boab yang amat besar, bergabung dengan tur jalan kaki yang akan membahas semak Aborigin. Nikmati juga ribuan bunga liar di musim semi di bulan September-November.
australia barat (jangan dinaikin)Foto: Australia (dok. detik.com)
Spot terbaik Kings Park & Botanical Garden

Ada spot-spot terbaik bagi para pelancong untuk menikmati taman kota ini. Pertama, area rumput hijau di sekitar State War Memorial atau di sepanjang Fraser Avenue. Hamparan rumput hijau menarik untuk bersantai, dan tempat yang strategis untuk menikmati pemandangan pencakar langit kota Perth.

Selain menikmati pemandangan, wisatawan juga bisa barbeque di dekat sungai Swan dan Canning. Biasanya, saat sebelum senja menjadi waktu populer untuk menikmati barbeque bersama teman-teman dan keluarga.

Kedua, menikmati keindahan pohon boab berusia 750 tahun, dan beratnya diperkirakan mencapai 36 ton di Botanical Garden. Pohon tersebut diangkut sejauh 3.200 kilometer dari wilayah Kimberley Australia Barat pada 2008. Pohon Boab dikhususkan untuk orang-orang Aborigin Kimberley.

Ketiga, jembatan pejalan kaki melengkung, yang terbuat baja dan kaca di Botanical Garden. Jembatan ini menggantung 52 meter di atas permukaan tanah, dan berada di atas kanopi pohon-pohon. Ada juga jalan setapak sepanjang 620 meter yang melintasi Western Australian Botanic Garden, area ini menjadi bagian dari Lotterywest Federation Walkway. Walkway juga menyajikan pemandangan sungai yang indah yang memasuki hutan.

Keempat, menikmati keindahan ragam bunga liar, yang serupa taman ajaib. Australia Barat merupakan rumah bagi lebih dari 12 ribu spesies bunga liar, yang bisa dinikmati sepanjang tahun. Ada juga pameran khusus untuk menikmati keindahan flora area tersebut setiap September hingga Oktober. Area terbaik untuk menikmatinya adalah di sekitar Pioneer Women's Memorial.

Kelima, untuk mengenali Kings Park dengan seksama, pelancong juga bisa mengikuti tur jalan kaki gratis yang berangkat setiap pukul 10.00, 12.00 dan 14.00. Anda dapat menemui pemandu Kings Park di luar galeri dan toko Aspects of Kings Park, di dekat Fraser Avenue.

Wisatawan bisa menyusuri jalur semak belukar, belajar tentang tanaman karnivora, mengelilingi monumen bersejarah atau mengamati banyak spesies tanaman asli yang bervariasi antara pantai dan gurun. Tur ini berlangsung antara satu hingga tiga jam dan tidak memerlukan pemesanan terlebih dulu.

Dengan berbagai pilihan tempat dan kegiatan di taman kota ini, pengunjung tetap harus tertib. Beberapa hal yang tidak boleh dilakukan misalnya bersepeda di jalur pedestrian, menginjak bunga-bunga langka dan membuang sampah sembarangan. Pelancong harus tetap menjaga keasrian dan keindahan dari taman kota ini.
australia barat (jangan dinaikin)Foto: Australia (dok. detik.com)
Waktu Tepat Mengunjungi Australia Barat.
Australia memiliki empat musim yang memiliki keunikan di setiap waktunya. Pada Musim panas selama Desember hingga Februari, Perth biasanya akan panas dan kering dengan curah hujan yang sangat rendah. Suhu udara rata-rata berkisar antara 17,5-30 Celcius.

Musim gugur pada Maret hingga Mei biasanya jadi waktu yang tepat untuk piknik di taman kota. Pada masa ini Perth biasanya cerah dan hangat di pagi hingga sore. Malam pun tetap sejuk, dengan suhu rata-rata 13,7-26 celcius.

Musim dingin di Australia barat biasanya cukup sejuk dan basah dengan suhu berkisar antara 8-19°C. Namun berhati-hatilah, pada masa ini Juni hingga Agustus sering terjadi hujan badai dan badai petir.

Selain musim gugur, musim semi juga menjadi saat yang tepat untuk piknik di taman kota.Musim semi di Australia Barat berlangsung pada September hingga November dengan suasana hangat dan cerah dengan suhu rata-rata yang berkisar antara 11,7-23 celcius. Curah hujan pun cukup rendah pada bulan-bulan ini.
Pada musim Semi di Australia Barat akan bertabur bunga-bunga cantik yang bermekaran.

Fasilitas di Kings Park & Botanical Garden
Untuk menuju ke taman kota tersebut, wisatawan bisa menggunakan bus gratis selama lima menit dari kota Perth. Bus ini juga melewati St Georges Terrace menuju ke sana. Jika mengendarai mobil, parkirlah di Fraser Avenue.

Selain itu, beberapa fasilitas di Kings Park & Botanical Garden untuk pengemudi mobil adalah parkir yang luas. Untuk yang ingin mengelilingi taman seluas 400 hektar ini ada persewaan sepeda dan dua halte bus Transperth.

Tak hanya itu, ada pula sejumlah kafe, bangku taman, dan gazebo yang nyaman. Ada pula sejumlah toilet di sejumlah titik, spot foto yang biasa digunakan untuk pernikahan, dan petugas ramah yang siap siaga melayani turis maupun warga lokal.

australia barat (jangan dinaikin)Foto: Australia (dok. detik.com)
(dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading