Jelajah Australia Barat yang Alami dan Menantang

Lifestyle - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
23 March 2019 19:13
Jelajah Australia Barat yang Alami dan Menantang
Jakarta, CNBC Indonesia - Mengunjungi Australia Barat, bukan hanya bisa melhat berbagai keindahan pantainya terkenal. Berkunjung ke tempat ini belum lengkap jika belum berkeliling ke tempat-tempat eksotis yang menampilkan bagaimana keajaiban alam telah terbentuk.

Tidak hanya itu, kehidupan alam liar dengan kekayaan flora dan fauna pun bisa disaksikan dari dekat. Semua tempat-tempat ini bisa dilalui dengan berkendara bersama teman atau keluarga, untuk merasakan kedekatan dengan alam liar.

Coralcoast


1. Di area Pinnacles, pelancong bisa menjelajahi lanskap yang menyerupai bulan dan kubah sarang lebah, yang berusia 35 juta tahun. Wisatawan bisa berkeliling menikmati pemandangan beberapa batu tertua Taman Nasional Karijini dan menemukan fosil yang menarik di dinding menjulang Windjana Gorge.

Menyusuri ngarai sungai berusia 400 juta tahun di Taman Nasional Kalbarri dan ngarai merah terjal di Taman Nasional Cape Range. Tempat-tempat ini kaya akan margasatwa asli dan warisan Aborigin. Skala Gunung Augustus, monolit terbesar di dunia, atau turun 750 meter ke kedalaman paling gelap dari Tunnel Creek, sistem gua tertua di Australia Barat
Australia BaratFoto: dok: TWA

2. Peedamulla Campground
Area perkemahan berbasis alam terbaru Pilbara yang terletak di Stasiun Peedamulla dan berjarak 7 km dari North West Coastal Highway dekat Onslow. Peedamulla Campground dimiliki dan dioperasikan oleh Jundaru Aboriginal Corporation.

Perkemahan Peedamulla yang baru dibangun memiliki fasilitas modern dan menawarkan karavan dan tempat perkemahan. Wisatawan bisa menikmati malam di sekitar api unggun bersama di bawah langit Pilbara yang tak berujung.

Pagi hari, pelancong juga bisa menjelajahi reruntuhan yang terdaftar sebagai peninggalan di sekitar kantor atau toko yang telah dipugar, melakukan perjalanan sehari ke Onslow, atau menjelajah ke pantai terpencil dan terpencil dan situs-situs suci dengan Tur.
Australia BaratFoto: dok: TWA
South West

1. Kebun Anggur
Mengunjungi Australia Barat belum maksimal jika tidak menyempatkan diri mampir ke kebun anggur. Sebagai sumber wine terbaik di dunia, para pecinta kuliner maupun Chef kelas dunia pun menyempatkan untuk menyusuri kebun anggur di sepanjang Perth hingga Margaret River.

Waktu terbaik untuk mengunjungi wilayah ini pada September hingga December bertepatan dengan cuaca musim semi dan acara Margaret River Gourmet Escape. Meski demikian perjalanan ini dapat dinikmati sepanjang tahun.


2. Sungai Margaret
Sungai Margaret merupakan destinasi yang cocok untuk menghabiskan liburan, dan memiliki spot terkenal untuk surfing. Ada sekitar 40 titik yang cocok digunakan untuk berselancar. Letaknya di kota kecil di wilayah tenggara, dan dapat ditempuh dengan berkendara sekitar 3,5 jam dari Perth. Tidak hanya itu, pelancong juga bisa melakukan kegiatan outdoor yang memacu adrenalin seperti panjat tebing, dan bersepeda di gunung.


3. Busselton
Di teluk ini, wisatawan bisa menikmati naik kareta di dermaga di atas samudera Hindia. Dermaga ini merupakan yang terpanjang di belahan bumi selatan.
Dermaga yang ikonik ini merupakan warisan yang dibangun pada 1865. Jangan lupa mengunjungi Observatorium bawah air (Underwater Observatory).
Busselton dapat ditempuh dengan 2 jam berkendara atau penerbangan 50 menit Selatan dari Perth (Perth).

Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa memancing, Ski air, snorkeling, menyelam scuba, Selancar Angin, kayak atau berlayar di perairan Teluk Geographe yang tenang.
Australia BaratFoto: dok: TWA
Perth dan Sekitarnya

1. Lesueur National Park
Taman Nasional Lesueur harus menjadi tempat wajib untuk dikunjungi semua pecinta bunga liar dan ahli botani dengan lebih dari 900 spesies flora yang diidentifikasi di dalam taman. Gunung Lesueur menawarkan pemandangan panorama yang indah di seberang taman dan garis pantai yang indah di Teluk Jurien dan Green Head.

Taman Nasional ini juga merupakan salah satu cagar yang paling signifikan untuk konservasi flora di Australia Barat. Beberapa spesies tidak dapat ditemukan di tempat lain di dunia dan telah dimasukkan dalam daftar yang terancam punah. Taman Nasional juga merupakan rumah bagi lebih dari 100 spesies burung yang bergantung pada flora untuk bertahan hidup.
Australia BaratFoto: dok: TWA

2. Taman Margasatwa Caversham
Tidak jauh berbeda dengan Lesueur, taman Caversham menampilkan salah satu koleksi fauna asli terbesar di Australia Barat. Taman ini mengundang pelancong untuk memberi makan kangguru secara langsung dan berfoto bersama koala yang suka diemong dan wombat.Terletak di jantung Whiteman Park di Swan Valley, berjarak 30 menit berkendara ke timur laut Perth untuk mencapai taman margasatwa.

Wisatawan juga berkesempatan bertemu dengan penduduk asli Australia dan mengintip cara kerja Molly's Farm. Di sini wisatawan bisa merasakan kegembiraan di peternakan, mulai dari mencukur domba, anjing gembala, dan melakukan demonstrasi, hingga mengayunkan teh billy, memerah susu sapi dan botol memberi makan domba.

Australia BaratFoto: dok: TWA



(dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading