Hai Muslim Traveler, Ayo Coba Keramahan Perth Australia!

Lifestyle - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
27 April 2019 20:30
Jakarta, CNBC Indonesia - Ketika liburan ke negara lain, makanan biasanya menjadi halal biasanya menjadi satu hal yang sulit dicari. Namun tidak demikian dengan Australia Barat khususnya Perth, tempat ini merupakan tempat wisata yang cocok untuk semua kalangan, termasuk muslim traveler.

Muslim traveler merupakan pasar wisatawan yang tumbuh pesat. Sebagai ibu kota di Australia Barat, Perth pun ingin menggali potensi tersebut.

Bagi wisatawan muslim yang ingin ke Perth, ada sejumlah fasilitas yang sudah disiapkan, mulai dari ruang ibadah di bandara, masjid di pusat Perth, dan aneka restoran halal di pusat kota.


Pada 21-27 Maret lalu, Tim Detiknetwork berkesempatan melakukan perjalanan ke Australia Barat terutama ke Perth dan sekitarnya.




Berikut ini adalah fasilitas ibadah yang ada di Perth:

1. Fasilitas ibadah di Bandara Perth

Fasilitas ibadah yang disiapkan di bandara Perth bernama Quiet Room. Tempat ini menjadi ruang tenang, yang bisa digunakan untuk ibadah lintas agama, dan cocok untuk wisatawan muslim yang harus menyelesaikan sholat lima waktu. Quiet Room ada di lantai dasar di Terminal 1 Internasional, dekat ruang kedatangan.

Untuk berwudhu, Anda bisa mengambil air di toilet dan wudhu dengan wadah sendiri atau di wastafel atau bertayamum.

australiaFoto: Suasana Ibadah Shalat Jumat di Masjid Perth, Masjid terbesar di kota Perth. (dok. detik.com)


2. Masjid Perth atau Perth Mosque

Meski pun Perth tidak menyediakan Mushala ataupun Masjid di Bandaranya, begitu tiba di jantung kota, wisatawan tidak perlu khawatir karena Perth memiliki puluhan masjid dan musala. Anda bisa mengunjungi Perth Mosque di 427 William St, Perth WA 6000, Australia. Perth Mosque ini menjadi yang terbesar di sini.

Ketika Tim mengunjungi masjid ini ketika shalat Jumat, ribuan orang dari berbagai negara berkumpul di sana untuk melaksanakan Salat Jumat. Di masjid ini dipenuhi karangan bunga dan dijaga ketat oleh polisi, karena hanya selang seminggu setelah kejadian penembakan di Selandia Baru. Karangan bunga ini merupakan simbol dari solidaritas untuk warga muslim di Selandia Baru.

3. Kuliner halal Perth

Bagi yang mencari makanan halal di Perth, jangan khawatir, karena kota ini menyediakan banyak pilihan restoran halal. Jangan lupa mampir ke pasar malamnya, yakni Twilight Hawkers Market yang merupakan pasar makanan terbesar di Perth.

Di Forrest Place dekat Murray Street, Twilight Hawkers Market juga menyediakan makanan yang murah dan banyak pilihan makanan halal yang berasal dari Singapura dan Malaysia, Maroko hingga Turki, seperti kuliner sate hingga kebab.

Wisatawan juga tidak terbatas makan di restoran halal, namun ada pula pilihan makanan cepat saji yang bisa dinikmati, yakni restoran cepat saji kelas dunia, seperti KFC, McD dan Pizza Hut.


australiaFoto: Levant Cuisine, salah satu destinasi kuliner halal di Perth (dok. detik.com)
(dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading