Australia Suntik Sektor Pariwisata Rp12,9 T, Tiket Disubsidi!

Lifestyle - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
11 March 2021 16:30
Klaster baru virus korona (covid-19) muncul di kota Sydney. (AP/Mark Baker)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sektor pariwisata Australia terpuruk akibat pandemi Covid-19. Demi menghidupkan kembali sektor ini, pemerintah Australia memberikan stimulus sebesar US$ 928 juta atau sekitar Rp 12,9 triliun (kurs Rp 14.000/US$).

Tujuan dari diberikannya stimulus ini adalah untuk meningkatkan perjalanan lokal. Sementara rute internasional tetap ditutup karena pandemi Covid-19.

Para pelancong bakal mendapatkan subsidi tiket, pinjaman murah untuk perusahaan tur kecil, dan bantuan keuangan untuk dua maskapai penerbangan terbesar di negara tersebut.

Subsidi akan diberikan 50% bagi sekitar 800.000 tiket pesawat. Program itu akan difokuskan pada tujuan yang biasanya sangat bergantung pada turis asing.

Semua upaya ini dilakukan demi menjaga sektor pariwisata terus berjalan sampai kunjungan turis asing kembali diizinkan. Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison mengatakan, dengan stimulus ini, akan semakin banyak turis dan menginap di hotel dan berkunjung ke kafe.



"Paket ini akan membawa lebih banyak turis ke hotel dan kafe, melakukan tur dan menjelajahi sejumlah daerah," kata Morrison kepada wartawan di Sydney dilansir dari Reuters, Kamis (11/3/2021).

Pariwisata menjadi penopang utama pertumbuhan ekonomi Australia. Sementara, sektor ini sangat terpuruk ketika Australia menutup perbatasan internasional.

Dua maskapai besar negara itu, Qantas Airways Ltd dan Virgin Australia, memangkas penerbangan dan membuat pesawat dikandangkan. Sementara ribuan orang di seluruh industri bergantung pada program subsidi gaji pemerintah federal yang akan berakhir bulan ini.

Kepala Eksekutif Qantas Alan Joyce berharap dapat melanjutkan beberapa penerbangan internasional pada akhir Oktober. Hal itu seiring dengan penyelesaian vaksinasi Covid-19 secara nasional.

Namun, Morrison mengatakan "terlalu dini" untuk mengkonfirmasi tanggal yang diproyeksikan untuk membuka kembali perbatasan internasional.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading