Internasional

Agen Haji & Umrah, Simak Kabar Gembira dari Raja Salman

News - dob, CNBC Indonesia
10 March 2021 06:10
Umat Muslim mengelilingi Ka'bah, saat menjalani ibadah Umrah, di kota suci Muslim di Mekah, Arab Saudi. (AP/Amr Nabil)

Jakarta, CNBC Indonesia - Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz, mengeluarkan kebijakan terbaru yang bisa menjadi harapan bagi bisnis sektor haji dan umrah, yang merasakan pil pahit akibat pandemi Covid-19 tahun lalu.

Menurut laporan kantor berita negara Arab Saudi SPA, pada Senin (8/3/2021), insentif yang dikeluarkan Raja Salman ini termasuk pembebasan fasilitas akomodasi dari biaya tahunan untuk izin kegiatan komersial kota di kota Mekah dan Madinah, tempat kegiatan haji dan umrah berlangsung.

Perusahaan yang bekerja di sektor tersebut juga akan dibebaskan dari biaya pekerja asing selama enam bulan dan dapat memperbarui izin ke Kementerian Pariwisata untuk akomodasi gratis di dua kota selama satu tahun dan dapat diperpanjang.


Sementara untuk ekspatriat yang bekerja dalam kegiatan yang berkaitan dengan haji dan umrah, penagihan biaya perpanjangan tempat tinggal akan ditunda selama enam bulan. Tapi syaratnya mereka sudah membayar cicilan selama setahun.

Izin bus yang beroperasi di fasilitas pengangkutan jemaah akan tetap berlaku tanpa biaya selama satu tahun. Pemungutan bea cukai untuk bus baru akan ditunda untuk musim haji mendatang selama tiga bulan dan bisa diangsur empat bulan sejak tanggal jatuh tempo.

Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi mewajibkan vaksinasi Covid-19 bagi jemaah haji 2021. Melansir Reuters, yang mengutip Okaz, mereka yang sudah divaksin akan diizinkan melaksanakan haji.

Pada 2020 lalu, kerajaan kaya minyak itu mengurangi secara drastis jumlah jemaah haji menjadi 1.000 karena pandemi corona. Arab Saudi juga sempat melarang umat Islam dari luar melaksanakan umrah, pertama kalinya sejak beberapa puluh tahun terakhir.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading