Dari Hobi dan Jajanan Favorit, Ini Sisi Lain Orang Terkaya RI

Lifestyle - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
06 March 2019 16:35
Dari Hobi dan Jajanan Favorit, Ini Sisi Lain Orang Terkaya RI
Jakarta, CNBC Indonesia- Nama Hartono bersaudara lagi-lagi bercokol di peringkat teratas sebagai orang terkaya di Indonesia. Menurut Forbes, Bambang dan Budi Hartono memiliki kekayaan sejumlah US$ 37,1 miliar atau setara Rp 519 triliun (dengan kurs Rp 14.000/US$).

Bagaimana sebenarnya sehari-hari sosok orang paling tajir se-bumi pertiwi ini?




Beberapa bulan lalu, CNBC Indonesia berkesempatan mengobrol panjang sambil bermain bridge dengan Michael Bambang Hartono. Dalam durasi empat jam lebih pertemuan, kami tidak berbicara soal uang dan bisnis, tapi bicara hal-hal ringan. Hal receh, mengutip istilah anak zaman now.

Kecuali arloji emas yang menempel di pergelangan tangannya, tidak ada tanda-tanda 'kemewahan' lain yang ia tampilkan. Waktu itu, ia masih nyaman mengenakan kaos 'Asian Games' -nya dan celana bahan hitam, lengkap dengan topi Asian Games juga.

Maklum, saat itu Bambang tengah menikmati gelar 'peraih medali' Asian Games 2018 dari cabang olahraga 'Bridge'.

Dari Hobi dan Jajanan Favorit, Ini Sisi Lain Orang Terkaya RIFoto: Michel Bambang Hartono menjadi Atlet tertua di Asian Games 2018 dan menyumbangkan medali perunggu untuk Indonesia (CNBC Indonesia/Fitriyah Said)


Jajanan Favorit:
Bambang Hartono hobi ngobrol dan bicara apa saja. Tapi, orang terkaya di RI ini paling semangat kalau bicara soal kuliner dan jajanan makanan favoritnya. 



Saat berbincang bersamanya sambil bermain bridge di Sekretariat Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA UNDIP), Selasa (11/9/2018), Bambang paling semangat bercerita soal sarapan favoritnya jika berada di Kudus, Jawa Tengah. 

"Kalau pagi-pagi itu saya selalu cari lentog, enak sekali itu," kata Bambang. Lentog adalah makanan semacam lontong sayur yang beralaskan daun pisang. Satu porsi lentog terdiri dari irisan lontong, tahu, tempe, dan sayur nangka.

Tak lupa, kata Bambang, makanan ini paling enak disantap pedas-pedas. "Saya kalau makan lentog, minimal cabe sepuluh," jelasnya dengan bersemangat. 

Itu baru makanan di kota kelahirannya, kalau sehari-hari bagaimana? Bambang mengaku lebih suka jajanan rakyat yang ada di pinggir-pinggir jalan, bukan yang fancy dan instagrammable favorit beberapa masyarakat kelas menengah atau kelas atas lainnya. 

"Saya suka sate kambing, sop kambing. Itu semua saya paling tidak seminggu sekali makan, atau dua kali," ceritanya. Tapi, ia agak sedih karena sekarang agak susah menikmati jajanan-jajanan favoritnya. Ini karena, sejak Asian Games 2018, semua orang jadi mengenal wajahnya.

"Jadi, enggak bisa diam-diam lagi. Semua menyapa, waduh. Kalau begini mesti pakai wig atau brengos [brewok] buat menyamar besok-besok," ujarnya disusul dengan tawa.

Main Bridge Hingga 7 Jam
Jadi atlet di Asian Games dan menyumbang medali, jelas berangkat dari kecintaan Bambang dalam bermain Bridge. Bahkan, Bambang disebut-sebut sebagai sosok yang berhasil memasukkan bridge dalam cabang olahraga yang bisa dipertandingkan di Asian Games 2018 di Jakarta tahun lalu.

Dari Hobi dan Jajanan Favorit, Ini Sisi Lain Orang Terkaya RIFoto: Michael Bambang Hartono bermain Bridge (CNBC Indonesia/Fitri Said)




Bambang bercerita ia mengenal bridge sejak kecil, "Sejak zaman Jepang," jawabnya waktu itu. Bermula dari sekadar melihat-lihat pamannya bermain hingga akhirnya ikutan.

Dalam sehari, Bambang bisa bermain 7 jam jika sedang intens dan niat. Kalau tidak, paling satu atau dua jam.



Ia kembali berceloteh, memang kalau ingin sukses jadi atlet atau apapun harus dipupuk sejak dini. 

"Itu atlet-atlet Rusia begitu. Atlet renang kalau mau jago dari kecil diceburkan ke kolam renang, dari bayi begitu," ceritanya semangat, sambil sesekali menaik turunkan tangannya yang mengenakan arloji emas.

Lalu saya bertanya, apa ia juga melakukan hal yang sama dengan anaknya atau ada yang meneruskan hobinya main bridge. Dia jawab, "Tidak ada," sambil tersenyum, "Tapi, sekarang cucu saya yang turunkan. Dia pandai main bridge, umurnya masih kecil tapi sudah pintar," katanya bangga. 

Matanya berbinar saat menceritakan ketangkasan cucunya dalam bermain bridge, mungkin ia senang karena cucunya bisa mengikuti jejaknya.

Tahu Dijadikan Meme di Sosial Media
Sewaktu mendapat medali di Asian Games, wajah dan meme Bambang Hartono heboh di sosial media. Jangan salah, Bambang membaca semuanya loh.



Responsnya? Selow saja. Saat itu, ia juga dibanding-bandingkan dengan atlet peraih medali lainnya di Asian Games 2018 lalu, Jonathan Christie. Jojo, sapaan akrab Jonathan, digilai warganet karena prestasinya mendapat emas untuk cabang olahraga bulu tangkis dan aksinya melepas baju usai pertandingan. 

"Ada-ada saja," kata Bambang sambil terkekeh, saat dijumpai CNBC Indonesia, Selasa (11/9/2018) lalu. Saat itu, kami sedang bermain bridge bersama sambil mengobrol. Usai ronde pertama, Bambang sembari bercanda bertanya. 

"Kalau anda," tanya dia, "Pilih saya atau Jojo?"

Satu meja, yang selain Bambang terdiri dari tiga perempuan, terkekeh dan menjawab malu-malu dengan memberi jawaban pasti. Jelas, Bambang Hartono yang kami pilih.

Bambang kembali tertawa, "Ya..ya, saya tahu. Perempuan ini memang pintar-pintar. Nanti pilih saya, tapi uangnya nanti buat sama berondong-berondong seperti Jojo, toh?" kelakarnya. Satu meja pun kembali terbahak-bahak. 

Bambang tahu semua meme dan bahan bercanda tentang dirinya, tapi berhubung dia orang kaya (banget) dan banyak yang diurus, jadi dia santai saja. Buat dia, hidup memang untuk dinikmati dan tidak dibikin pusing. 

Saksikan serunya bermain bridge bersama orang terkaya RI di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC] (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading