Dua Hari Dua Kebaya Baru Sri Mulyani

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
17 August 2018 12:17
Dua Hari Dua Kebaya Baru Sri Mulyani
Jakarta, CNBC Indonesia- Sehari-hari menggunakan kemeja atau batik, dalam dua hari ini Menteri Keuangan Sri Mulyani tampil beda. Ia mengenakan kebaya baru hasil rancangan desainer lokal ternama.

Pagi ini, untuk memimpin upacara di Kementerian Keuangan, Sri mengenakan kebaya putih lawas a la Kartini dengan sanggul Jawa klasik. Lengkap dengan sasak melati.




Melihat tampilan kebaya putih dengan kain batik, tampak seperti sedang melihat calon pengantin ketimbang menteri keuangan. Mungkin memang ini dalam rangka menyambut anggaran baru yang rancangannya dipaparkan kemarin.

Kebaya Sri Mulyani selama dua hari ini dirancang oleh Didiet Maulana. Kepada CNBC Indonesia, Didiet mengungkapkan bahwa kebaya yang dikenakan Sri adalah model lawas versi 1920-an. Kebaya itu memiliki kerah dan bordiran yang menawan.

"Ibu Sri Mulyani mengenakan kebaya putih dengan model kerah Kartini. Ini terinspirasi dari kebaya lawas tahun 1920-an penuh bordiran," kata Didiet kepada CNBC Indonesia, Jumat (17/8/2018).

Dia menuturkan bahwa kebaya itu dipasangkan dengan selendang organdi sulam tangan dengan model bunga buketan terinspirasi dari motif batik Lasem.

Dua Hari Dua Kebaya Baru Sri Mulyani Foto: ist Didiet Maulana


Menariknya,  batik lasem yang dipakai Sri Mulyani adalah batik tulis tangan yang dikerjakan oleh para seniman batik di Lasem, Jawa Tengah. Sebagai penunjang penampilan, Didiet pun menambahkan beberapa aksesori yakni bros antik Jawa, dan sanggul Jawa klasik.

Hari sebelumnya, Sri menggunakan kebaya biru tua karya Didiet juga. Lewat Svarna by IKAT Indonesia, Didiet mempersembahkan inspirasi Kebaya model Kartini berwarna biru tua dengan kombinasi oleh kain batik antik dari tahun 1950-an dengan motif  Ceplok Sriwedari. 

Dua Hari Dua Kebaya Baru Sri Mulyani Foto: Ist for CNBC Indonesia


Menurut Didiet, motif batik ceplok merupakan kategori ragam hias berdasarkan pengulangan bentuk geometri, seperti segi empat, empat persegi panjang, bulat telur, ataupun bintang. 
 
Kebaya Ibu Sri Mulyani dipadukan dengan selendang organza bersulam tangan yang transparan  sehingga menonjolkan keindahan brokat kebayanya. Sebagai pemanis, Didiet, menyematkan bros Jawa antik memancarkan inspirasi cantik klasik Indonesia.

Jadi bagaimana, ingin lihat Sri Mulyani pakai kebaya setiap hari?




(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading