Tahun Politik, Tulus Sibuk Jadi Juru Kampanye Gajah

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
16 August 2018 19:49
Tahun Politik, Tulus Sibuk Jadi Juru Kampanye Gajah
Jakarta, CNBC Indonesia- Memasuki tahun politik, penyanyi Tulus juga sibuk jadi juru kampanye. Eit, tapi bukan kampanye buat salah satu bakal calon presiden, tapi kampanye buat gajah.

Tidak cuma ciptakan lagu dengan judul gajah, Tulus juga peduli dengan kelestarian spesies satu ini dan menggagas kampanye Teman Gajah.




Menurutnya, hal ini adalah sebagai komitmennya untuk menyelamatkan gajah. Ini bukan hanya dijalankan secara pribadi, namun juga bisa ditularkan pada banyak orang dan banyak lembaga.

Tulus menekankan bahwa Gajah memiliki peran yang besar buat kehidupan yang banyak tak disadari setiap orang. Diantaranya Gajah berperan dalam menyebarkan jenis tanaman karena mereka  memakan biji-bijian yang kemudian dibuang dalam bentuk kotoran ke berbagai tempat dan secara tidak langsung akan menjadi pupuk alami sehingga tanaman bisa cepat tumbuh.

"Kalau kaitannya sama Teman Gajah itu sebenarnya saya ingin sedikit mengajak teman-teman menyadari bahwa sebetulnya gajah itu peranannya besar banget buat kehidupan kita, dan mungkin kesannya gajah itu jauh sekali, mungkin diantara kita enggak banyak yang ketemu langsung, enggak pernah bersentuhan, tapi jasanya itu besar banget," kata Tulus saat acara Wardah Inspiring Movement di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (15/8/2018).

Berawal dari gerakan sederhana, Tulus menuturkan sebagai inisiator kini  
telah banyak menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Hal ini diluar ekspektasinya karena banyak orang menggalang kepedulian untuk populasi gaja yang terus menurun jumlahnya.

Telah memasuki tahun  ketiga dari kampanyenya, Tulus sukses mengumpulkan dana untuk membeli kalung pendeteksi lokasi untuk gajah. Kalung itu dipasangkan ke pemimpin gajah dan nanti datanya itu secara frekuentif dikirim ke pusat pengumpulan data dan dilihat langsung oleh para ahli yang bermukim di hutan. 

Kalung itu akan mengawasi pola pergerakan gajah, agar tidak sampai masuk atau  mendekati ke kawasan konflik yang membahayakan para gajah. Misal,  gajah tersebut mendekat, maka kalung itu bisa digunakan untuk menghalau biar tidak kembali dan menuju ke area yang lebih aman.

"Jadi Teman Gajah ini sudah masuk tahun ketiga, berawal dari skalanya kecil, alhamdulillah terus  membesar karena banyak yang peduli. Gerakan ini fokusnya adalah mengumpulkan dana untuk pengadaan kalung pendeteksi lokasi. Kalung pendeteksi lokasi ini adalah kalung yg dipasangkan ke pemimpin-pemimpin gajah liar, karena mereka akan selalu bergerombol," kata dia.
(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading