Jokowi, Presiden dan Trendsetter Fesyen Masa Kini

Lifestyle - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
12 August 2018 20:25
Jakarta, CNBC Indonesia- Tidak banyak negara yang memiliki seorang pemimpin gaul dan trendy. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mungkin menjadi salah satu kepala negara yang bisa dibilang 'hits'.

Bagaimana tidak, pilihan gaya busana Presiden Jokowi sejak beberapa tahun ini tak pernah luput dari sorotan, khususnya kaum milenial. Kepala negara kerap mengenakan baju kekinian dan berjiwa muda. Tak jarang, bajunya viral di pasaran dan habis di gerai-gerai.

Busana yang digunakan Jokowi, bahkan sempat terlihat dalam berbagai acara resmi pemerintahan. Berikut busana yang pernah dikenakan Jokowi, dan menjadi trend di kalangan kaum muda, seperti dirangkum CNBC Indonesia, Minggu (12/8/2018).



1. Kemeja Kotak-Kotak

Jokowi, Presiden dan Trendsetter Fesyen Masa Kini


Kemeja dengan motif kotak-kotak memang menjadi salah satu ciri khas Jokowi, terutama pada saat kampanya bursa pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada 2012 silam.

Bersama pasangannya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), kemeja kotak-kotak selalu menempel di tubuh Jokowi, bahkan hingga di sisa-sia akhir masa kampanye. Pilihan busananya ini bisa dibilang inovasi, mengingat para calon pemimpin daerah maupun nasional biasanya hanya mengenakan busana seperti putih, baju koko, baju etnis, sampai dengan baju satu warna.


Pada waktu itu, Jokowi - Ahok pun menjelaskan makna di balik kemeja perpaduan antara warna merah, biru, dan putih itu. Busana tersebut dianggap mencerminkan warga Jakarta yang beragam.Teranyar, calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017 Ahok - Djarot juga mengenakan motif serupa.


Tak hanya di kalangan pemerintahan, kemeja tersebut pun populer di mata publik. Harga kemeja ini, pada waktu itu bervariasi dari Rp 75.000 sampai dengan Rp 300.000.


2. Kemeja Putih

Jokowi, Presiden dan Trendsetter Fesyen Masa Kini Foto: CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto

Pada saat maju sebagai calon presiden 2014, tidak ada yang berubah dari gaya busana Jokowi. Ia tetap menggunakan kemeja motif kotak-kotak, sementara pasangannya Jusuf Kalla megenakan kemeja putih.

Namun, ketiika resmi menduduki posisi RI-1, busana yang pertama kali dikenakan Jokowi adalah kemeja putih bawahan hitam. Busana yang mungkin menjadi pilihan paling akhir bagi seorang kepala negara.

Pasalnya, empat presiden lainnya yaitu Soeharto, Bacharuddin Jusuf Habibie, Abdurrahman Wahid, sampai dengan Susilo Bambang Yudhoyono kerap menggunakan setelah jas ketika bekerja.

Pada waktu itu, Jokowi mengemukakan, bahwa alasannya mengenakan kemeja putih untuk menunjukkan kesederhanaan dan bersih kepada kalangan masyarakat.Bahkan pada saat pelantikan menteri Kabinet Kerja, 34 orang pembantu Jokowi kompak mengenakan busana serupa, yaitu atasan putih polos dengan bawahan hitam pekat. Tidak ada jas. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading