Biaya Nikah Sampai Ratusan Juta Rupiah, Apa Sih Penyebabnya?

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
22 July 2018 08:52
Biaya Nikah Sampai Ratusan Juta Rupiah, Apa Sih Penyebabnya?
Jakarta, CNBC Indonesia - Berbicara pernikahan memang tidak ada habisnya. Termasuk soal biaya yang harus dipersiapkan.

Dari tahun ke tahun biaya pernikahan terus meningkat. Lantas apa yang membuat pesta pernikahan di Indonesia menjadi semakin mahal?

Emil Eriyanto, Owner Multi Kreasi Enterprise Wedding Organizer mengatakan bahwa ada beberapa penyebab biaya pernikahan di Indonesia melonjak antara lain untuk katering makanan, jumlah tamu dan venue, serta media sosial.


[Gambas:Video CNBC]

"Yang membuat mahal karena venue yang dipilih, makanan dipilih dan jumlah tamu yang diundang. Untuk ini harus diperhatikan bila pasangan memiliki biaya terbatas," ujar Emil kepada CNBC Indonesia

Dia menuturkan bahwa penyebab lainnya yakni karena tradisi pernikahan dari suku tertentu.

Di samping faktor-faktor tersebut, ada lagi hal baru yang membuat biaya nikah menjadi semakin mahal seiring dengan era teknologi informasi.

Era teknologi informasi membuat calon pengantin terpacu membuat pernikahan mewah dan berkesan.

Adanya media sosial membuat para pengantin ingin memperlihatkan pesta pernikahan seperti halnya di negeri dongeng. Alhasil, biaya pun membengkak.

"Media sosial secara tidak langsung membuat biaya pernikahan semakin mahal karena banyak tren baru yang bermunculan yang membuat para calon pengantin ingin memiliki hal yang sama," kata dia.
Faktor-faktor tersebut yang membuat biaya pernikahan bisa mencapai ratusan juta rupiah untuk pesta dalam satu hari saja. (ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading