Gaji Rp 7 Juta-10 Juta? Begini Cara Atur THR yang Tepat

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
10 June 2018 13:52
Gaji Rp 7 Juta-10 Juta? Begini Cara Atur THR yang Tepat
Jakarta, CNBC Indonesia- Sudah dapat Tunjangan Hari Raya (THR)? Jika iya, maka jangan terbawa nafsu untuk langsung belanja baju Lebaran. Anda harus pintar mengelolanya demi memiliki finansial yang sehat.

Praktisi keuangan syariah, Dr. Murniati Mukhlisin, M. Acc., memberikan saran mengelola THR sesuai dengan besaran gaji Anda. Wanita yang akrab disapa Ani itu memberikan contoh untuk orang-orang yang memiliki penghasilan Rp 10 juta.

- Pertama, bayarkan untuk zakat profesi 2,5%. Jadi 2,5% x Rp 10.000.000 = Rp 250 ribu. Kemudian sisihkan buat bayar zakat fitrah senilai 3 kg beras, untuk nilainya tergantung harga beras yang Anda konsumsi.


- Kedua, bayar utang Anda. "Berapa jatuh tempo hari ini? Misalnya Rp 2 juta, ya harus dilunasi. Jangan sampai kita sudah belanja baju baru tapi masih terlilit utang. Utamakan juga utang kepada Allah seperti membayar puasa dengan fidyah dan utang dengan sesama manusia karena utang itu janji," saran Ani kepada CNBC Indonesia.

- Ketiga, investasikan jumlah THR yang didapatkan minimal 10%. Jadi, Anda perlu menabung minimal Rp 1 juta jika penghasilan Rp 10 juta.

- Sisa uangnya bisa disisihkan untuk mudik dan belanja baju Lebaran. Ani mengingatkan kalau uang THR sebaiknya tidak untuk membeli baju dan barang-barang baru buat Lebaran karena yang berlebihan juga tak dianjurkan. Jika ingin membeli baju baru saat Lebaran utamakan buat anak.

"Di zaman Rasulullah, beli baju baru itu untuk anak-anak. Itu suatu reward untuk mereka yang sudah belajar berpuasa," kata Ani lagi.



Bagaimana dengan orang yang penghasilannya Rp 7 juta?

Maka perhitungannya sama seperti rincian di atas. Sementara buat orang berpenghasilan Rp 5 juta ke bawah tidak diwajibkan membayar zakat profesi.

Berdasarkan aturan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) 2017, penghasilan lebih dari Rp 5.240.000 wajib mengeluarkan zakat profesi sebesar 2,5%. Ini berpatok pada penentuan standar nishab yang ditetapkan sebesar 524 kilogram beras dengan harga Rp 10 ribu per kilogram.

"Kalau THR atau gaji kita yang diterima setiap bulannya kurang Rp 5.240.000 wajib tidak wajib membayar zakat (profesi)," tambah wanita lulusan Universitas Glasgow, Skotlandia, Inggris itu.


[Gambar:Video CNBC]

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading