Biaya Pernikahan Pangeran Harry-Meghan Capai Rp 608 Miliar?

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
17 May 2018 19:10
Biaya Pernikahan Pangeran Harry-Meghan Capai Rp 608 Miliar?
Jakarta, CNBC Indonesia - Pangeran Harry dan Meghan Markle akan menikah pada akhir pekan ini tepatnya, Sabtu (19/5/2018) di Windsor Castle, Inggris. Pernikahan mereka tentu diselimuti dengan kemewahan. Bahkan estimasi biaya pernikahan keduanya bisa menghabiskan Rp 608 miliar. Benarkah?

Dilansir dari CNBC Make It, seorang wedding planner Aimee Dunne memprediksi biaya pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle akan menghabiskan sekitar 2 juta poundsterling. Namun angka tersebut belum termasuk pengeluaran untuk keamanan yang nilainya lebih fantastis mencapai 30 juta poundsterling demi menjamin kalau acara berjalan lancar dan aman.

Jika ditotal, maka biaya pernikahan keduanya mencapai 32 juta poundsterling atau sekitar Rp 608 miliar. Berbeda dengan pengeluaran rata-rata pernikahan warga Inggris yang memakan biaya sekitar 27 ribu poundsterling (Rp 513 juta). Untuk apa saja jumlah biaya fantastis yang dikeluarkan dalam penyelenggaraan pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry?


1. Catering
Salah satu pengeluaran besar dalam pernikahan pasangan kerajaan ini adalah catering. Pihak kerajaan sudah menyiapkan makan siang dan malam untuk 600 tamu yang datang. Selain itu, tersedia pula camilan dan teh buat 2.640 tamu publik yang hadir di sekitar Windsor Castle.

Dunne memprediksi kalau biaya untuk catering memakan seperempat dari pengeluaran lain tapi tidak termasuk petugas keamanan. Kisaran biayanya sekitar US$ 680 ribu atau Rp 9,5 miliar.

"Akan banyak champagne dan whiskey saya yakin," ujar Dunne.

2. Rumah Kaca untuk Resepsi
Pangeran Harry dan Meghan Markle dikabarkan tidak perlu membayar sewa St. George's Chapel atau Great Hall. Meski demikian, mereka juga menyiapkan rumah kaca untuk resepsi. Pembangunan rumah kaca untuk pernikahan mereka diprediksi menelan biaya hingga US$ 400 ribu atau Rp 5,6 miliar.

3. Gaun Pengantin Meghan Markle
Gaun pengantin Meghan Markle dirancang oleh desainer terkenal, Ralp & Russo. Telegraph melaporkan gaun pengantinnya bernilai US$ 135 ribu (Rp 1,8 miliar). Namun Dunne memprediksi kalau gaun tersebut harganya sekitar US$ 270 ribu atau sekitar Rp 3,8 miliar.

4. Bunga
Anggaran untuk bunga yang menghiasi pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle menelan biaya tidak murah. Prediksi biaya yang dikeluarkan sekitar US$ 130 ribu atau Rp 1,8 miliar.

5. Petugas Keamanan
Berdasarkan situs Bridebook, biaya petugas keamanan pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry menelan harga yang fantastis. Prediksinya mencapai 30 juta poundsterling atau sekitar Rp 570 miliar. Biaya tersebut termasuk petugas polisi khusus serta penembak jitu di atas atap.

6. Hiburan
Ada pula biaya yang dikeluarkan untuk keperluan hiburan atau entertainment saat pesta pernikahan berlangsung. Biaya tersebut meliputi musik dan hiburan lainnya.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading