Milenial, Ini 3 Cara Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
08 May 2018 19:11
Milenial, Ini 3 Cara Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah
Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak milenial yang merasa stres karena sulit mendapat kerja setelah lulus kuliah. Bahkan beberapa anak muda harus menganggur selama lebih dari satu tahun karena sulit memperoleh pekerjaan. Bagi milenial yang ingin cepat dapat kerja setelah lulus kuliah, berikut tiga tipsnya.

1. Langsung Datang ke Perusahaan

Langkah terbaik untuk segera dapat kerja adalah datang langsung ke perusahaan yang dituju. Menurut Joshua Howarth selaku presiden staf global dari perusahaan Robert Half mengatakan bahwa satu kesalahan terbesar anak muda ketika mencari kerja hanya mengandalkan kirim CV dan lamaran lewat online.


"Keluar sendiri dan bertemu dengan banyak orang secara pribadi. Jika strategi mencari kerja hanya duduk di belakang komputer dan mengirimkan banyak aplikasi maka Anda akan berada jauh di belakang," ujar Joshua seperti dilansir dari CNBC Make It.

Joshua bahkan juga menyarankan untuk bergabung dengan grup yang terkait perusahaan impian atau industri pilihan Anda. Tak ada salahnya membangun banyak networking untuk memperbesar peluang.

2. Jaga Hubungan dengan Pewawancara

Ketika Anda memiliki kesempatan wawancara di salah satu perusahaan, Joshua menganjurkan untuk menjaga hubungan dengan pewawancara. Sebelum sesi interview berakhir coba tanyakan kapan kira-kira akan dihubungi.

Misalnya saja diberitahu akan diumumkan setelah satu minggu maka coba cari kabar bila seminggu belum dihubungi. Tak ada salahnya mencoba menelepon ke perusahaan untuk mendapatkan kabar. Ini menandakan kalau Anda memang tertarik dan mengharapkan pekerjaan tersebut.

3. Coba Magang

Meski sudah lulus kuliah tak salahnya mencoba program magang. Tidak perlu gengsi karena magang bisa menjadi awal dari kesuksesan Anda. Manager perekrutan memahami bahwa lulusan baru tidak datang ke perusahaan dengan banyak pengalaman kerja. Namun mereka tetap ingin tahu apa Anda profesional, pintar, dan dapat belajar bagaimana menyelesaikan pekerjaan.

"Jika Anda coba magang, posisi kontrak, atau temporer maka pastikan tidak menyia-nyiakannya. Tunjukkan bahwa Anda bisa diandalkan sehingga pantas untuk menjadi karyawan di perusahaan," kata Joshua.

Gary Burniso CEO Korn Ferry setuju dengan Joshua. Belajar langsung di tempat kerja dengan program magang bisa membuat Anda tumbuh lebih cepat dan bagus untuk mengawali karier.



(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading