Mau Resign? Ini Alasan Jangan Terima Counter-Offer dari Bos

Lifestyle - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
07 May 2018 14:33
Mau Resign? Ini Alasan Jangan Terima Counter-Offer dari Bos
Jakarta, CNBC Indonesia - Butuh keberanian untuk mengundurkan diri dari pekerjaan karena terkadang hal itu berarti memasuki hal yang tidak pernah Anda ketahui sebelumnya. Maka, tidak mengejutkan jika lebih menarik untuk bertahan dengan status quo, apalagi jika atasan Anda menjanjikan kenaikan gaji agar Anda tidak jadi resign.

Meskipun begitu, sekali Anda menunjukkan niat untuk keluar, mundur dari keputusan itu bisa jadi adalah salah satu langkah terburuk bagi karir anda, menurut spesialis perekrutan Oliver Cooke.


"Jika Anda adalah seseorang dengan kinerja baik, kemungkinannya adalah perusahaan sekarang akan mencoba untuk menahan [ketika Anda ingin keluar]. Anda harus bersiap untuk itu," kata Cooke kepada CNBC Make It.


Cooke menyadari hal itu kemungkinan membuat Anda merasa di atas awan.

"Namun kenyataannya adalah mereka tidak menghargai Anda dan hanya memikirkan jangka pendek," katanya, seraya menambahkan bahwa perusahaan terkadang lebih pusing memikirkan biaya dan risiko pencarian pegawai pengganti.

"Anda harus bertanya ke diri sendiri: Jika mereka merasa Anda berharga sekarang, mengapa mereka tidak menaikkan gaji Anda sebelumnya?" katanya.

Cooke, Direktur untuk Amerika Utara di perusahaan perekrutan internasional Selby Jennings, mengatakan meski perusahaan sangat menyukai Anda secara personal, ketika kepercayaan itu dirusak maka mereka akan mewaspadai kehadiran dan komitmen Anda terhadap perusahaan.

Mereka juga bisa menggunakan informasi baru itu untuk mulai mempertimbangkan bagaimana akan menggantikan Anda, sehingga memberi mereka keuntungan dalam negosiasi yang akan datang.

"Kami menilai ketika kepercayaan antara manajer dan karyawan telah rusak dan kebanyakan orang yang mengambil tawaran untuk tetap tinggal biasanya akan berada di bursa pekerjaan dalam kurun waktu 12 bulan," kata Cooke.

Terkadang, sepakat untuk bertahan berarti menunda hal yang tak terhindarkan.

"Faktanya, jabatan dan kompensasi kemungkinan tidak akan mengubah hal-hal yang tidak Anda sukai di pekerjaan ini. Konten, manajer, dan lain-lain lebih terkait dengan kebahagiaan pekerjaan ketimbang kompensasi."


Jangan berbicara tentang pengunduran diri jika belum membuat keputusan

Bukan berarti kamu harus menganggap enteng keputusan untuk mengundurkan diri.

Tenaga kerja masa kini, khususnya para milenial, bisa mendapatkan reputasi buruk karena sering berpindah-pindah kerja. Cooke menyarankan untuk berpindah kerjaan dalam kurun waktu tiga sampai lima tahun. Namun, ketika keputusan sudah dibuat sebaiknya tetap teguh pada pendirian, katanya.

Cooke berkata salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan adalah ketika orang menghadiri rapat pengunduran diri tanpa memiliki keputusan bulat.

"Ketika itulah Anda akan berujung pada negosiasi panjang untuk tetap bertahan," kata Cooke. "Jika perusahaan tahu Anda belum membuat keputusan itu dan Anda adalah karyawan yang kuat, maka mereka akan mencoba untuk memengaruhi Anda. Jika Anda meragu, pengambilan keputusan pun akan semakin sulit."

Untuk menghindarinya, Cooke merekomendasikan untuk menyerahkan surat pengunduran diri bersamaan dengan pemberitahuan. Cara itu akan membuat kamu terhindar perbincangan penawaran yang canggung dan mempercepat proses pengunduran diri.

"Anda harus selalu menyusun surat, jadi sebaiknya lakukan itu sebelum mengundurkan diri," kata Cooke.

"Membawa surat itu [ketika Anda keluar] itu baik karena membuat pengunduran diri menjadi formal."

Hal itu sangat benar, apalagi di Amerika Serikat (AS) di mana hukum ketenagakerjaan nasional memerintahkan bahwa karyawan bebas keluar dari pekerjaan sesuai keinginan, tanpa alasan ataupun peringatan.



Bagaimana surat pengunduran diri yang baik?

Meskipun tidak ada model surat pengunduran diri yang sempurna, surat itu harus mencerminkan poin-poin yang ingin kamu sampaikan ketika menyerahkan pemberitahuan.

"Saran kami adalah tetap sopan, singkat, dan berterima kasih atas investasi dan waktunya, tetapi katakanlah bahwa Anda menemukan peluang baru yang tepat untuk Anda dan karir Anda," kata Cooke.

"Anda bisa menambahkan akan sangat senang untuk membantu sementara waktu," tambahnya, "tetapi katakanlah Anda bersiap untuk segera pindah."

Meski jujur itu penting, akan lebih bijak untuk membuat penjelasan Anda seringkas mungkin untuk menghindari konflik dan melakukan diskusi yang berlarut-larut dengan bos Anda, kata Cooke.

Kritik dan masukan lainnya bisa disimpan untuk wawancara keluar, yang kemungkinan akan ditangani oleh spesialis perekrutan sumber daya manusia (human resource/HR). (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading