Ini Dia Pekerjaan yang Bisa Jadi Pilihan Profesi Milenial

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
07 May 2018 17:33
Ini Dia Pekerjaan yang Bisa Jadi Pilihan Profesi Milenial
Jakarta, CNBC Indonesia - Beda pekerjaan, berbeda pula cara untuk menikmatinya. Tetapi, belum tentu semua orang bisa menikmati pekerjaan mereka. 

Generasi milenial misalnya, mereka  memiliki cara tersendiri untuk menikmati pekerjaan yang terbilang cukup unik. Pasalnya, mereka tidak hanya memikirkan kesejahteraan atau pemasukan yang mencukupi, namun juga membutuhkan eksistensi, kebebasan berekspresi, dan passion.

Tak tanggung-tanggung dengan cara demikian, mereka justru lebih menikmati pekerjaannya dan nyaman. Menurut Senior UI Designer for Unify Design System Tokopedia, Fauzan Arief mengatakan bahwa para milenial bisa memilih pekerjaan yang menekankan pada work-life balance (keseimbangan hidup). 


"Anak milenial sekarang banyak yang sering terjebak dalam memilih pekerjaan. Namun untuk cara amannya pastikan menekan pada work-life balance," ujar Fauzan kepada CNBC Indonesia. 

Lantas, jenis pekerjaan apa yang dinilai memiliki tingkat work-life balance yang tinggi?

Mengacu data Jobplanet.com tahun 2016, menurutnya profesi User Interface/User Experience (UI/UX Developer) menempati posisi teratas dalam hasil riset pekerjaan dengan work-life balance. 

Pekerjaan yang berhubungan dengan perancangan antarmuka dan user experience (pengalaman pengguna) sebuah program (aplikasi website dan mobile ataupun perangkat lunak) ini menjadi profesi paling seimbang antara kehidupan pribadi dan pekerjaan.

"Disatu sisi pekerjaan ini butuh fokus yang tinggi, tapi di sisi lain pekerjaan ini juga memberikan ruang berkreasi yang tak terbatas. Ini yang menurut saya bikin pekerjaan sebagai designer itu paling menyenangkan," ucap Fauzan.

Seorang user interface designer menurutnya harus dapat membuat  desain web yang manis, serasi, user friendly (mudah digunakan) tetapi tetap efisien karena internet sendiri memiliki bandwidth yang terbatas. Untuk itu, mereka juga harus memiliki bakat di bidang seni rupa atau desain visual dan memahami dasar-dasar pemprograman baik web maupun secara umum.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading