Internasional

Survei: Para Jutawan Ingin Hidup Sampai Usia 100 Tahun

Lifestyle - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
21 April 2018 18:29
Jakarta, CNBC Indonesia - Para orang kaya optimis mereka akan berumur panjang. Dari 5.000 investor kaya yang baru-baru ini disurvei oleh UBS Wealth Management, yang masing-masing memiliki setidaknya US$1 juta dalam bentuk aset yang dapat diinvestasikan, 53% diantaranya mengatakan yakin akan mencapai usia 100 tahun. "Angka ini jauh lebih tinggi daripada harapan hidup, yang dapat mencapai usia 80 tahun, di sebagian besar negara maju," Lapor the Guardian.
 
"Gagasan hidup abad ini terbatas pada fiksi ilmiah. Tapi kini tidak lagi begitu. Bagi sebagian besar orang kaya di dunia, menjalani kehidupan 100 tahun bukanlah hal yang mereka anggap sebagai khayalan belaka. Itu yang mereka harapkan." kata sebuah laporan berjudul 'The century club'.

Para orang kaya yang tersebar di sepuluh negara berbeda, memiliki pandangan yang bervariasi berdasarkan dari asal mereka masing-masing. Di Jerman, misalnya, yang menyediakan perawatan kesehatan terbaik bagi dunia, 76% dari peserta survei  di negara tersebut mengatakan ingin menjadi centenarian atau orang-orang yang bisa mencapai usia 100 tahunan, sedangkan di AS hanya 30% yang percaya bisa mencapai usia itu.
 
Dalam survei tersebut diperoleh informasi bahwa ada lebih dari 90% investor yang mengatakan dengan kekayaan memungkinkan mereka untuk menjalani hidup yang lebih sehat, dan sejumlah investor setuju bahwa kesehatan lebih penting daripada keberuntungan mereka.

Sekitar 65% khawatir tentang biaya perawatan kesehatan yang terus meningkat, dan penduduk Amerika adalah yang paling banyak mengeluhkan biaya perawatan kesehatan sebagai masalah keuangan terbesar mereka. "Saya tidak ingin terkuras secara finansial dan menjadi beban bagi keluarga saya," kata seorang pria Amerika berusia 66 tahun.
 
Banyak juga diantara mereka yang khawatir kekayaannya yang akan diwariskan untuk keluarga mereka semakin berkurang jumlahnya jika mereka hidup selama itu.
 
Diseluruh dunia, 77% setuju bahwa bekerja selama mungkin baik untuk kesehatan seseorang, sedangkan hanya 52% orang kaya Amerika yang setuju dengan sentimen itu.
 
Terdapat hasil penelitian yang berbeda sebelumnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pensiun dini dapat memperpanjang usia seseorang, karena pekerjaan bisa membuat stres dan pensiun dapat membebaskan seseorang, memberi lebih banyak waktu untuk berolahraga dan berinvestasi lebih banyak dalam kesehatannya. Tetapi pekerjaan juga dapat membantu Anda tetap aktif secara fisik dan mengasah mental. Para ahli merekomendasikan seseorang yang sudah pensiun untuk tetap terlibat dengan aktivitas sosial, misalnya dengan menjadi relawan.
 
Mereka yang mengharapkan bisa mencapai usia 100 tahun tampaknya memiliki rencana seperti ini: "Sembilan dari sepuluh investor melakukan beberapa hal sebagai upaya untuk meningkatkan harapan hidup, seperti menyesuaikan kebiasaan belanja dan merencanakan keuangan, dan mengalokasikan kekayaan mereka untuk investasi jangka panjang," kata laporan tersebut.
 
Para investor yang diperkirakan dapat mencapai usia 100 tahun adalah mereka yang bisa merencanakan keuangannya dengan baik. Para orang kaya di AS dan Inggris adalah yang paling kecil kemungkinannya untuk dapat mewujudkan hal itu.


Mencapai Usia 100 Tahun Mungkin Tidak Masuk Akal
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading