Era Digital Hadirkan Profesi Baru di Indonesia

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
11 March 2018 09:40
Era digital memunculkan profesi baru seperti Youtubers, trainer, motivator, yang kini bisa dilakukan hanya melalui media sosial.
Jakarta, CNBC, Indonesia - Zaman yang serba online memudahkan masyarakat mendapatkan penghasilan lebih baik. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun menilai kalau era digital pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia meningkat pesat serta mampu memunculkan ragam profesi baru melalui dunia online.

"Oh dahsyat ya, ketika semua orang gila di era ini dan mereka memunculkan banyak hal serta prilaku baru. Nah dari sisi ekonomi sekarang mengubah cara berbisnis, orang yang biasa konvensional dipaksa online memunculkan profesi-profesi baru seperti Youtubers, trainer, motivator, yang kini bisa dilakukan hanya melalui media sosial," ujar Ganjar saat berbincang dengan CNBC Indonesia di festival musik Detikcom, d'Hot Music Day, Kuningan City, Jakarta Selatan, Jumat malam (9/3/2018).

Tidak ingin ketinggalan, pria 49 tahun ini turut memanfaatkan teknologi digital untuk mengedukasi masyarakat melalui jejaring sosial. Selain itu, Ganjar Pranowo juga berusaha menciptakan suatu terobosan baru menggunakan internet.


Salah satunya pembuatan aplikasi berbasis online yang bisa membantu para petani meningkatkan penjualan mereka. Ya, Ganjar Pranowo meluncurkan aplikasi online dengan nama regopantes.com.

Aplikasi tersebut dibuat dengan tujuan bisa menjadi wadah petani serta pedagang kecil lainnya agar bisa menjual hasil panen mereka langsung ke konsumen tanpa melalui banyak perantara. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat menengah ke bawah.

"Saya membuat aplikasi untuk mengawasi inflasi di Jawa Tengah dengan sistem informasi komoditas di seluruh pasar-pasar yang kita masukkan jadi satu. Jadi kita bisa memberikan fasilitas aplikasi regopantes.com agar para pedagang kecil bisa menjual tanpa melakukan perantara yang lebih banyak. Coba bayangkan, jika para petani cabe merah bisa menjual langsung untuk para pembeli Jakarta itu mampu memotong sekian rantai pedagang yang ada di perantara perdagangan sehingga mereka bisa mendapatkan harga lebih tinggi," jelasnya lagi.

Untuk itu, Ganjar Pranowo berpesan kepada milenial agar dapat memanfaatkan dunia yang kini serba digital untuk membantu meningkatkan perekonomian di Indonesia.
(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading