Di Balik Resepsi Mewah Anak Raja Tambang Batu Bara

Lifestyle - Gustidha Budiartie & Raditya Hanung Prakoswa & Arina Yulistara, CNBC Indonesia
17 February 2018 11:34
Pesta Mewah Sang Pangeran

Pesta Mewah Sang Pangeran

Layaknya kisah negeri dongeng yang sering kita baca atau dengar sewaktu kecil, yakni cerita tentang kerajaan nun jauh di sana di mana Sang Raja menggelar pesta berhari-hari untuk merayakan pernikahan pangeran atau putrinya. Kini nyata terjadi di dekat kita. Tidak begitu dekat memang, kalau dihitung dari Jakarta atau Pulau Jawa, tapi toh Kalimantan ada di Indonesia.

Kecamatan Binuang, di Kabupaten Tapin, adalah sebuah wilayah seluas 342 km2 yang ada di selatan Pulau Kalimantan. Luasnya bisa dibilang hanya separuh dari Jakarta, dengan jumlah penduduk sekitar 30 ribu jiwa. Jumlah ini bahkan tak ada separuh jumlah warga Kelurahan Klender di Jakarta Timur.

Dari Jakarta ke Binuang terbentang jarak ribuan kilometer. Untuk  menuju ke sana perlu naik pesawat  tujuan ke Banjarmasin dengan durasi penerbangan hingga 2 jam. Dilanjutkan dengan transportasi darat selama kurang lebih 3 jam.


Di sana kita akan berjumpa dengan keluarga besar Haji Muhammad Hatta, pemilik Izin Usaha Pertambangan (IUP) atas nama PT Binuang Mitra Bersama. Bersama dengan kakaknya, Muhammad Hatta yang akrab disapa dengan panggilan H. Ciut ini memang dikenal sebagai pengusaha batu bara paling jaya seantero Kalimantan Selatan. Kekayaannya yang fantastis, menurut takaran masyarakat sekitar, membuat H. Ciut juga dijuluki sebagai Raja Tambang.

Raja lokal ini memiliki dua orang putra, yang dua-duanya sudah menunaikan rukun islam kelima di Tanah Suci, Mekah, dan menyandang gelar haji di nama mereka. Dua pangeran itu adalah H. Yoga dan H. Yudha.

Si pangeran sulung, H. Yoga, sudah menikah terlebih dulu di 2015 dan tentunya menggelar pesta besar-besaran juga meski hanya tujuh hari tujuh malam.

Februari 2018, giliran pangeran kedua, yakni H. Yudha yang bernama lengkap Haji Muhammad Prayudha. Pernikahan Yudha ini kemudian ramai dibicarakan dan menjadi isu hangat nasional.

Bagaimana tidak dibicarakan, jika tiba-tiba ada poster yang menampilkan sederet nama dan foto artis ibukota tampil menghibur sebagai pengisi acara resepsi sepasang muda mudi di daerah? Artis-artis bertarif ratusan juta rupiah ini secara bergantian hadir selama 10 hari 10 malam untuk gebyar pesta perkawinan itu, lebih mewah dibanding acara ulang tahun televisi swasta nasional sekalipun.

CNBC Indonesia berbincang dengan salah satu pengurus acara dan kerabat dari H.Ciut soal pesta pernikahan saudaranya, Rezki Ananta Putra, pada pekan lalu. Menurut Putra pesta pernikahan saudaranya ini adalah hal wajar.

“Waktu pernikahan kakaknya juga pesta tujuh hari, yang ini 10 hari. Kami juga tidak tahu kenapa tiba-tiba jadi viral di media,” ucap Putra.

Di daerah, kata dia, masyarakat jarang mendapat hiburan. Untuk itu momen pernikahan H.Yudha dan pasangannya pun digelar pesta besar agar bisa dinikmati juga oleh rakyat Binuang.

Pihak keluarga kemudian mempercayakan event organizer yang dikomandoi oleh Rina Gunawan untuk menggelar pesta.

Setelah panitia membuat konsep matang dan menyeleksi, akhirnya mereka sepakat mengundang penyanyi kenamaan yang digemari mempelai dan disukai warga Binuang. Mereka adalah Via Vallen, Ayu Ting-Ting, Afgan, Zaskia Gotik, Wali Band, Rhoma Irama, Duo Serigala, Rita Sugiarto, dan lainnya. Belum lagi pagelaran seperti orkes gambus, ceramah, dan wayang Jawa dengan dalang kenamaan.  
Pesta Mewah Sang Pangeran
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4 5
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading