Tampilkan Video Ofensif, YouTube Tangguhkan Iklan di Kanal

Lifestyle - Roy Franedya, CNBC Indonesia
10 February 2018 16:17
Tampilkan Video Ofensif, YouTube Tangguhkan Iklan di Kanal
Jakarta, CNBC Indonesia — Setelah dihapus dari program Google Preferred yang menghubungkan kanal-kanal beken dengan para pengiklan, Logan Paul akhirnya kembali mengunggah videonya. Tetapi Logan Paul belum bisa menikmati uang dari iklan di kanal YouTube-nya.

Alasannya, YouTube memutuskan menangguhkan sementara iklan di kanal YouTube Logan Paul. Kebijakan ini diambil karena YouTube menilai Logan Paul belum menunjukkan perubahan sikap dalam video terbaru yang diunggahnya.

Media Quartz menghitung penangguhan ini akan membuat Logan Paul kehilangan pendapatan US$40.000 - US$700.000 per bulan dari iklan. Angka ini setara dengan Rp 545,72 juta hingga Rp 9,55 miliar.


Logan Paul baru kembali ke panggung YouTube pada 5 Februari lalu setelah sebelumnya memilih untuk rehat sejenak sebagai bentuk permintaan maaf karena mengunggah video korban bunuh diri di Jepang pada Desember 2017.

YouTube menjatuhkan hukuman pada Logan Paul dengan menghapusnya dari program Google Preferred yang menghubungkan kanal-kanal beken dengan para pengiklan. Namun, YouTube menganggap Youtuber yang kondang dengan video frank-nya ini belum berubah karena mengunggah video ofensif.

“Setelah mempertimbangkan dengan seksama, kami telah memutuskan untuk menangguhkan sementara iklan di saluran YouTube Logan Paul. Ini bukan keputusan yang kami buat dengan mudah, namun kami yakin pola perilaku dalam videonya tidak sesuai dengan pengiklan dan berpotensi merusak komunitas Youtuber yang lebih luas,” ujar juru bicara YouTube padav Quartz, Jumat (9/2/2018).

Logan Paul banyak mendapatkan uang dari iklan, sponsorship dan penjualan merchandise. Forbes memperkirakan Logan Paul memperoleh pendapatan US$ 12,5 juta pada tahun 2017. Adapun situs Social Blade memperkirakan Logan Paulbisa menghasilkan US$8 juta dari iklan biasa tanpa endorse. Saat ini, Logan Paul memiliki 16 juta subscriber. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading