Begini Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

Lifestyle - Roy Franedya, CNBC Indonesia
10 February 2018 14:24
Jakarta, CNBC Indonesia — Berbagi video melalui YouTube kini bukan hanya pekerjaan iseng belaka. Jadi kreator YouTube atau yang beken disebut Youtuber sudah menjadi profesi yang bisa menghasilkan uang dari video yang diunggah di YouTube.

Modal awal jadi Youtuber tidaklah sulit. Hanya perlu ide, kamera dan akses internet. Selanjutnya, tinggal kemampuan menarik penonton untuk mengunjungi kanal Youtube. Maklum, ada 5 miliar video yang dilihat (view) setiap hari oleh 300 juta pengunjung.

Konten yang menarik jadi kuncinya. Bila mampu menghasilkan konten menarik tentu bukan impian menjadi seperti Daniel Middleton atau DanTDM yang penghasilannya mencapai US$16,5 juta atau Rp 225,11 miliar pada 2017 lalu.


Lalu, bagaimana menghasilkan uang dari Youtube?


Dilansir dari dailystar.co.uk tahap awal untuk bisa menghasilkan uang dari YouTube adalah mendapatkan dan meningkatkan pengunjung (view) atau subscribers. Untuk hal ini perlu memiliki konten yang menarik dan mengungahnya secara teratur.

Bila memiliki pengunjung yang banyak, iklan akan segera datang. Ada dua cara mendapatkan uang dari iklan. Pertama, biaya per klik atau cost per click (CPC). Pengiklan akan membayar berdasarkan jumlah klik pada iklan.

Kedua, biaya per tampil atau cost per view (CPV). Pengiklan membayar berdasarkan jumlah penayangan iklan. Pengiklan akan membayar jika iklan ditonton setidaknya 30 detik atau setelah dari durasi iklan.

Iklan akan datang ke kanal YouTube jika mengaktifkan opsi monetisasi (monetisation). Iklan akan hadir di awal video, di tengah atau berbentuk pop up. Untuk mendapatkan ini, kanal YouTube harus memiliki paling sedikit 10.000 view. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading