Milenial, Ini Tips Jadi Youtuber Beromzet Miliaran Rupiah

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
18 June 2019 19:29
Milenial, Ini Tips Jadi Youtuber Beromzet Miliaran Rupiah
Jakarta, CNBC Indonesia- Pernahkah Anda terpikir untuk menjadi Youtuber? Jika iya mungkin ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

Ada beberapa tahapan yang terkesan sederhana namun tak boleh dilupakan. Dilansir laman Daily Star hal pertama yang harus dilakukan adalah mendapatkan dan meningkatkan viewer dan subscriber. 




Untuk meraih target itu tentunya Anda perlu konten yang menarik dan mengunggahnya dengan teratur. Disinyalir, ada 5 miliar video yang dilihat setiap hari oleh 300 juta pengunjung YouTube.

Namun perlu diingat, untuk membuat konten yang menarik dan mendatangkan banyak iklan ada dua cara lagi yang perlu dilakukan. 

Cara pertama yakni biaya per klik atau cost per click (CPC). Pengiklan akan membayar berdasarkan jumlah klik pada iklan.

Kemudian untuk cara kedua, biaya per tampil atau cost per view (CPV). Pengiklan membayar berdasarkan jumlah penayangan iklan. Pengiklan akan membayar jika iklan ditonton setidaknya 30 detik atau setelah dari durasi iklan.

Iklan akan datang ke YouTube Anda, dan akan menghasilkan pundi-pundi rupiah jika mengaktifkan opsi monetisasi. Iklan akan hadir di awal video, di tengah atau berbentuk pop up. 

Untuk mendapatkan ini, kanal YouTube harus memiliki paling sedikit 10 ribu view. Penghasilan dari iklan YouTube sekitar US$1,5 atau setara Rp 20.464 per 1.000 view. 

Hitung saja, bila Anda punya satu juta view, maka Anda akan mendapatkan US$1.500 (Rp 20,47 juta). Prinsipnya semakin banyak view semakin banyak pendapatan yang masuk ke rekening.

Dalam perjalanan, Youtuber akan menambah pundi-pundi dengan cara menjalin kerja sama sendiri dengan perusahaan secara mandiri. Mereka memanfaatkan Google AdSense dengan menempelkan banner iklan di kanalnya.

Meski begitu, tidak semua konten akan menghasilkan uang. Youtuber memang berpotensi mendapatkan 67% pendapatan iklan. Namun yang terealisasi hanya 15% dan itu yang menjadi pendapatan iklan karena banyak pengunjung yang melewatkan iklan yang ada di konten.

Cara lain dengan membuat video yang mempromosikan produk atau perusahaan atau istilah sekarang endorse. Nominal pendapatan bergantung kepada jumlah pengunjung. Biasanya tarif yang dikenakan US$10.000 per 100 ribu view. 

Untuk mendapatkan pendapatan ini, Youtuber pemula penting memuat video yang berdurasi pendek, mudah diingat, dan original. Selain itu, perlu memanfaatkan media sosial lainnya untuk menyebarkan konten dan berinteraksi dengan penikmat kanal YouTube. 


Bagaimana tertarik menjadi Youtuber?

Simak video raja dan ratu Youtube Indonesia ini
[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading