Kuliner Dominasi Sektor Ekonomi Kreatif Indonesia

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
06 February 2018 19:46
Kuliner Dominasi Sektor Ekonomi Kreatif Indonesia
Jakarta, CNBC Indonesia- Sub sektor kuliner memiliki kontribusi besar dalam usaha industri kreatif Indonesia. Unit ini menyumbang hingga 41,4% dari total kontribusi.

Deputi Riset, Edukasi, dan Pengembangan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia Dr. Ing. A. R  Boy Berawi, mengatakan bahwa dari 16 sub sektor, kuliner berkontribusi sebanyak 41,4% pada tahun 2016.




Total kontribusi ekonomi kreatif untuk PDB Indonesia mencapai Rp 922 triliun, Sedangkan dari sisi unit usaha industri kreatif yang terdiri 8,2 juta unit, 68 persen diantaranya didominasi oleh kuliner.

“Kuliner menempati kontributor terbesar dari 16 sub sektor ekonmoni kreatif sebesar 41,4 persen,” ujar Boy Berawi saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Selasa, (06/02/2018).

Dengan demikian industri kuliner mempunyai potensi yang sangat kuat untuk berkembang. Upaya intervensi pemerintah untuk  sub sektor kuliner pun masih terus berjalan hingga saat ini.

Kendati demikian, beberapa pelaku industri kuliner juga harus memperhatikan pengelolaan bisnisnya. Bekraf akan menyediakan fasilitas seperti pelatihan bisnis, akses permodalan, dan pendampingan pendirian usaha. (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading