Ini 5 Kuliner Top Indonesia Versi Kemenpar, Kamu Setuju?

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
18 September 2019 13:27
Ini 5 Kuliner Top Indonesia Versi Kemenpar, Kamu Setuju?
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Pariwisata  telah menetapkan 5 kuliner favorit sebagai makanan nasional. Menteri Pariwisata Arief Yahya pun mengatakan ini adalah strategi kedua untuk meningkatkan wisata kuliner Indonesia menarik wisatawan mancanegara.

Makanan tersebut adalah soto, rendang, nasi goreng, sate dan gado-gado. Kelima sajiam tersebut dinilai memiliki cita rasa otentik yang kuat dan lezat tentunya.

Ini 5 Kuliner Top Indonesia Versi Kemenpar, Kamu Setuju?Foto: Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) (CNBC Indonesia/Lynda Hasibuan)





Arief mengaku bahwa soto  sendiri sudah ditetapkan menjadi kuliner nasional yang diputuskan lima lembaga/kementerian dipimpin oleh Badan Ekonomi Kreatif. Alasannya adalah karena soto banyak terdapat di Nusantara.

"Kalau Bekraf cuma 1 yakni kuliner favorit nya adalah soto. Kalau Kementerian kami sudah menetapkan lima makanan favorit, ada gado-gado, soto, rendang, nasi goreng, dan sate," ujar Arief Yahya saat ditemui di Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2019).

Dia menuturkan bahwa dengan kuliner tersebut bisa menjadi ciri khas Indonesia seperti halnya Tom Yam dari Thailand dan Nasi Lemak dari Malaysia. Bahkan, tiga di antara makanan tersebut telah ditetapkan oleh CNN sebagai World Most Delicious Food.

Tidak sekedar itu, untuk lebih mematenkan kuliner ini, Kemenpar juga akan melakukan co-branding pada restoran-restoran Indonesia yang sudah ada di luar negeri.

"Kemenpar berkewajiban mempromosikan restoran tersebut lewat co-branding. Kita sudah melakukan kerja sama dengan pengusaha restoran, sudah saya tanda tangan waktu rakor," papar dia.

[Gambas:Video CNBC]


(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading