Tertarik Saham Bank? Ini Dia yang Paling Seksi

Investment - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
12 February 2021 17:10
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sektor perbankan menjadi salah satu sektor penopang bobot Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Prospek saham bank ke depan diperkirakan cerah, meskipun masih dalam situasi pandemi.

Head of Online Trading Ciptadana Sekuritas Zabrina Raissa saat berbincang dengan CNBC Indonesia menjabarkan sejumlah saham bank paling 'seksi' dan berpotensi menghasilkan 'cuan' sepanjang tahun ini.

"Yang kami cermati adalah BRI dan BCA untuk saham perbankan," kata Zabrina, seperti dikutip Jumat (12/2/2021).


Zabrina menjelaskan, saham BCA memang selama ini kerap menjadi instrumen favorit, khususnya bagi investor jangka panjang. Apalagi, BCA secara fundamental tidak pernah terkena isu negatif.

"BCA bisa kami katakan banyak menjadi pilihan favorit, karena BCA kita beli awal tahun, enggak khawatir di akhir tahun. Karena indikator meski harga mahal dibandingkan yang lain, kinerjanya sesuai dan bisa dinilai baik market," katanya.

Selain BCA, saham BRI juga menjadi instrumen yang menarik bagi para investor. "Karena BRI sangat kuat consumer banking. Di mana lagi perbankan Indonesia yang punya cabang sebegitu banyak dan menjangkau seluruh wilayah?," katanya.

Para investor juga bisa memperhatikan saham milik bank pelat merah seperti Bank Mandiri maupun Bank Negara Indonesia (BNI). Selain itu, juga saham Bank Syariah Indonesia (BSI).

"Ini menarik karena bank syariah dikatakan merger dan kita lihat ini bank satu-satunya di Indonesia yang akan besar, dan kita lihat secara prospek sangat baik," katanya.

"Tapi memang market mengapresiasi kondisi dan news sentiment yang menghiasi perbankan syariah. Sehingga kita lihat saham perbankan syariah juga alami kenaikan signifikkan. Tapi jangka mid dan long term, ada prospek yang baik," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading