Fintech

2 Alasan Alipay dan WeChat Populer di China

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
11 August 2018 14:08
2 Alasan Alipay dan WeChat Populer di China
Jakarta, CNBC Indonesia - Bila melancong dan berbelanja di China, Anda pasti akan sering melihat dua kertas berisi QR code untuk melakukan pembayaran transaksi.

Bahkan dibeberapa toko dan gerai, Anda akan melihat kalimat "Silahkan gunakan Alipay dan WeChat Pay". Atau "Maaf kami tidak menerima pembayaran kecuali menggunakan Alipay dan WeChat Pay".

Hal ini terjadi karena di China pembayaran mobile payment begitu populer. Masyarakat China tidak masalah jika tidak membawa bahkan kehilangan dompet, asalnya membawa ponsel. Di China ponsel adalah segalanya.


Mengutip Forbes, ada dua alasan berkembangnya pembayaran mobile payment terutama Alipay dan WeChat Pay. Pertama, infrastuktur. Di China infrastruktur internet berkembang dengan cepat dengan kecepatan tinggi.

Kedua, layanan perbankan yang dianggap tidak ramah. Masyakat China menganggap ke bank menyulitkan. Harus antri dan harus memenuhi berbagi persyaratan agar mendapat memiliki rekening dan mendapatkan kartu debit.

Di China kartu kredit dari perbankan bahkan tidak populer. Alasannya, masyarakat China tidak terlalu suka berutang.

Asal tahu saja, beralihnya masyarakat China ke mobile payment berawal dari diluncurkan Alipay pada 2004. Awalnya layanan pembayaran berbasis platform ini digunakan sebagai alat pembayaran ketika bertransaksi di Taobao, platform e-commerce paling populer milik Alibaba.

Dengan cepat layanan ini mendapat kepercayaan publik karena keamanan. Apalagi Alibaba memiliki jumlah pengguna yang sangat besar dan layanan ini diperlukan ke sektor ritel lainnya.

Booming mobile payment makin menjadi ketika Tencent meluncurkan WeChat Pay. WeChat merupakan layanan perpesanan singkat paling populer dengan China dengan jumlah pengguna hingga 1 miliar user.

WeChat dengan cepat memperbanyak fitur yang disediakan. Melalui WeChat konsumen bisa membeli barang, memesan makan, memesan taksi online dan mengirimkan uang.

Bahkan WeChat juga merevolusi penggunaan aplop ketika tahun baru Imlek. Tak ada amplop fisik tinggal kirimkan uang melalui WeChat Pay ke akun yang lain. Dengan cepat aplikasi ini menjadi pilihan utama untuk berkirim uang satu dan bayar tagihan.


(roy/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading