Fintech

Dapat Dana Rp 121,5 T, Valuasi Ant Financial Jadi Rp 2.025 T

Tech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
10 April 2018 20:11
Dapat Dana Rp 121,5 T, Valuasi Ant Financial Jadi Rp 2.025 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Ant Financial, perusahaan teknologi keuangan (fintech) yang terafiliasi dengan Alibaba sedang berusaha menggalang dana untuk mencari suntikan modal sebesar US$9 miliar atau setara Rp 121,5 triliun (asumsi US$1 = Rp 13.500), Wall Street Journal (WSJ) melaporkan pada hari Selasa (10/4/2018).
 
Ant Financial memiliki salah satu platform pembayaran terbesar China yang disebut Alipay.

Putaran pendanaan terakhir ini akan membuat valuasi Ant Financial hampir US$150 miliar (Rp 2.025 T). Valuasi ini akan membuat Ant Financial perusahaan swasta paling bernilai di dunia, melampaui Uber.
 
Dilansir dari CNBC international, seorang juru bicara untuk Ant Financial menolak berkomentar ketika dihubungi oleh CNBC.
 
Pendanaan sebesar US$9 miliar jauh lebih banyak dari target sebelumnya yang sebesar US$5 miliar. Seorang sumber mengatakan kepada CNBC International, Ant Financial terakhir kali mengumpulkan dana dalam bentuk ekuitas pada tahun 2016, ketika dijamin sebesar US$4 miliar, memberikan valuasi sebesar US$60 miliar.
 
Ant Financial telah berkembang secara agresif di luar pasar China, merambah ke Eropa dan negara-negara lain di Asia. Di Eropa, Ant Financial telah membuat kesepakatan dengan lembaga-lembaga besar seperti BNP Paribas untuk membuat lebih banyak pedagang menggunakan pembayaran melalui Alipay, terutama bagi pengunjung asal China di luar negeri.
 
Bagian dari ekspansinya berarti berinvestasi dan mengakuisisi perusahaan. Ant Financial sebelumnya berinvestasi di Paytm di India dan baru-baru ini membeli helloPay di Singapura. Di AS, Ant Financial mengumumkan membeli layanan pembayaran lintas batas MoneyGram seharga US$1,2 miliar, meskipun akhirnya kesepakatan itu gagal.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading