Startup

Anak Usaha Alibaba Ini Akan Miliki Valuasi di Atas Rp 1.360 T

Tech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
09 February 2018 19:05
Ant Financial, anak usaha Alibaba Grup ini mengumpulkan dana sebagai bagian dari Pra-IPO.
Jakarta, CNBC Indonesia – Anak usaha milik Alibaba Grup, Anf Financial segera memiliki valuasi lebih dari US$100 miliar atau mencapai Rp 1.360 triliun. Kenaikan valuasi ini setelah Ant Financial mendapatkan dana sebesa US$5 miliar.

Rencananya, penambahan dana ini akan membawa Ant Financial selangkah lagi melantai di bursa saham atau initial public offering (IPO). Pengumpulan dana US$5 miliar ini dikategorikan sebagai putaran pengumpulan dana pra-IPO.

Cara ini semakin umum dilakukan perusahaan China untuk menetapkan valuasi dan memperbesar basis investor.Dilansir dari CNBC, Ant Financial terakhir kali melakukan penggalangan dana pada 2016 dan menambah valuasi sebesar US$60 miliar. Ant Financial merupakan pemilik Alipay, alat pembayaran Alibaba Grup.


Saat ini Ant Financial sedang dalam pembicaraan untuk menunjuk penasihat penggalangan dana yang diprediksi akan diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan. Putaran baru ini ditargetkan bisa menjaring dana sebesar US$80 miliar hingga US$100 miliar.

Ant Financial, yang sepertiga sahamnya dimiliki oleh Alibaba Group, menolak berkomentar mengenai rencana penggalangan dana.

Perusahaan e-commerce China, JD.com, juga sedang menggalang dana untuk unit logistiknya degnan target US$2 miliar. Kuaishou, perusahaan start-up streaming video, sudah hampir berhasil memperoleh dana senilai US$1 miliar.

Investasi Ant Financial termasuk saham di Paytm, situs pembayaran mobile dan e-commerce India, dan perusahaan teknologi keuangan Thailand, Ascend Money. Namun bulan lalu, Ant Financial mengalami kemunduran ketika panel pemerintah AS menarik kembali tawaran US $1,2 miliar untuk perusahaan pengiriman uang MoneyGram International akibat masalah keamanan.

Di China, selain bisnis pembayaran , Ant Financial mengklaim memiliki 520 juta pengguna tahunan, perusahaan tersebut juga menawarkan pengelolaan kekayaan, penilaian kredit, pinjaman mikro dan layanan asuransi. Pekan lalu, Alibaba mengumumkan akan mengambil 33% saham Ant Financial - menggantikan sistem saat ini dimana Alibaba menerima 37,5% keuntungan pra-pajak Ant - dalam hal yang dipandang sebagai langkah penting menjelang IPO.
(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading