Bisnis Sweater Natal Aneh, Keluarga Ini Raup Rp 72 M Setahun

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
25 December 2018 - 14:00
Bisnis Sweater Natal Aneh, Keluarga Ini Raup Rp 72 M Setahun
Jakarta, CNBC Indonesia- Tiga bersaudara yang berbasis di Detroit telah mengubah produk khusus yakni sweater Natal yang tampak buruk menjadi bisnis yang menghasilkan jutaan penjualan setiap tahun.

Selama tiga bulan terakhir, Fred, Mark dan Vanessa Hajjar, yang menjalankan UglyChristmasSweater.com, telah menerima lebih dari 130.000 pesanan. 




Dilansir dari CNBC Make It, Co Founder Fred Hajjar mengatakan tahun ini mereka bisa meraup penghasilan hingga US$ 6,2 juta atau setara Rp 90 miliar. Itu hampir dua kali lipat dari yang mereka dapatkan sejak tiga tahun lalu.

Ini adalah tahun keenam keluarga ini mengoperasikan situs bisnisnya, dan setiap tahun membawa peluang baru untuk tumbuh dan berkembang. Situs ini sekarang tidak hanya menawarkan sweater yang meriah, yang umumnya berharga antara U$ 30 dan U$ 70, tetapi juga legging, piyama, dan bahkan boneka binatang.

Fred Hajjar, mengatakan kepada CNBC Make It bahwa aspek yang paling berharga dari menjalankan bisnisnya sendiri adalah mengetahui ia membangun ini dari awal dengan bantuan keluarganya. Bekerja dengan saudara-saudaranya adalah hal hebat. 

"Tentu saja kita terkadang bertengkar, tetapi pada akhirnya, kita tahu bahwa kita memiliki tujuan di sini dan itu untuk memastikan bisnis ini berhasil," kata dia.


Bisnis Sweater Natal Aneh, Keluarga Ini Raup Rp 72 M SetahunFoto: UglyChristmasSweater.com



Mengapa sweater aneh?
Hajjar telah terlibat dalam ritel online sejak 2001, ketika dia masih mahasiswa di Michigan State University. Setelah mencoba dan gagal mendapatkan beberapa situs, ia melakukan bisnis dengan TV Store Online, menjual t-shirt yang merujuk pada acara dan film populer. "Saya mengejar pekerjaan di bidang teknik dan melakukan ini sebagai sampingan, tapi berakhir dengan cukup baik," kata Hajjar. 

Setelah lulus kuliah, ia pindah ke ruang bawah tanah orang tuanya dan mendirikan toko. "Mereka sedikit kecewa, berpikir, 'Bagaimana ini akan membangun karir Anda?" Kenang Hajjar.

Tetapi hanya enam bulan kemudian, dia melakukan bisnis yang cukup sehingga dia tahu dia tidak akan pernah mencari pekerjaan lain di bidang teknik lagi. Selama bertahun-tahun, Toko TV Online menghasilkan bisnis yang cukup untuk mulai berkembang. 

Pada tahun 2011, Fred dan saudaranya Mark memulai usaha pembuatan bisnis busana custom ke pengecer besar seperti Spirit Halloween dan Party City. 

"Kami benar-benar mulai memahami manufaktur," kata Hajjar.

Kemudian, pada 2012, ia dan saudaranya Mark memperhatikan beberapa sweater Natal jelek tua yang dijual seharga U$ 500 (Rp 7 juta) di eBay. Mereka membeli domain UglyChristmasSweater.com dan dalam beberapa bulan mereka merancang beberapa gaya sweater untuk busana  liburan.

Enam karyawan, termasuk Hajjar, bekerja untuk datang dengan desain dan konsep baru seperti sweater jelek 3D baru yang memiliki boneka binatang dan benda lain bermunculan darinya. Kemenangan terbesar perusahaan sejauh ini adalah sweater create-your-own," Kata Hajjar.

"Ketika kami meluncurkan itu, kami mendapat banyak perusahaan meminta sweater, kami mencatat mereka telah memenuhi pesanan sweater custom untuk toko online Ellen DeGeneres, serta untuk perusahaan termasuk Frito Lay, Twitter, Dropbox, Volkswagen dan T -Mobile.



(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading