6 Trik Jitu untuk Promosi dan Naik Gaji

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
07 December 2018 12:46
6 Trik Jitu untuk Promosi dan Naik Gaji
Jakarta, CNBC Indonesia- "Anda tidak akan pernah mendapat sesuatu yang tidak pernah Anda minta." Adalah prinsip pertama dari CEO Girlboss Sophia Amoruso buat para pekerja yang ingin dapat promosi dan naik gaji.

Prinsip anti basa-basi inilah yang membuat Sophia sukses dalam membangun bisnis dan jaringannya di Girlboss Collective, paltform media sosial yang memungkinkan perempuan berbagai tips karir, keuangan, dan kesehatan terbaik mereka dalam komunitas.




CNBC Make It baru-baru ini telah mendapatkam tips dari Sophia Amoruso, terkait mendongkrak gaji dan promosi untuk para pegawai. Berikut adalah tipsnya;

Buat daftar prestasi Anda
Perhatikan apa yang sudah Anda capai dalam peran Anda saat ini. Tanyakan pada diri Anda bagaimana Anda telah memperbaiki tempat kerja Anda dan apa dampak yang Anda bawa. Selalu tahu dari semua hal yang telah Anda lakukan untuk perusahaan, dan ternyata memiliki hasil nyata.

Buat catatan khusus tentang apa hal hal luar biasa yang telah Anda lakukan untuk perusahaan.

Advokasi untuk diri sendiri
Jangan menunggu manajer Anda untuk mengangkat topik ini. Amoruso merekomendasikan untuk mengadvokasi diri sendiri karena kebanyakan orang biasanya lebih peduli dengan kehidupan dan karir mereka sendiri.

"Bos Anda khawatir tentang pekerjaannya dan dia mungkin tidak memikirkan Anda. Kamu harus mengingatkannya bahwa kamu ada di sana dan bahwa kamu berharga," kata Amoruso.

Temukan waktu yang tepat untuk bertanya
Jadwalkan waktu untuk berbicara dengan atasan Anda tentang karir Anda ketika Anda yakin Anda dapat memiliki diskusi yang produktif dan tidak terganggu.

Kecuali Anda bekerja di perusahaan kecil, di mana sering kali lebih mudah untuk bergerak dengan sangat cepat. Amoruso menyarankan untuk menunggu sampai Anda sudah bekerja selama setahun sebelum Anda meminta kenaikan gaji atau promosi.


Jelaskan mengapa kenaikan gaji atau promosi itu penting bagi Anda
Setelah Anda duduk bersama manajer Anda, bicarakan tentang misi perusahaan dan mengapa mendapatkan gaji yang lebih tinggi atau gelar yang lebih baik berarti sesuatu bagi Anda.

Jangan takut untuk memberikan pujian dengan menyebutkan berapa banyak yang telah Anda pelajari dari atasan dan pengalaman Anda sejauh ini.

Jelaskan apa yang telah Anda capai dan seberapa keras Anda telah bekerja. Kata Amoruso, pertimbangkan untuk menambahkan kalimat, Saya benar-benar bahagia dan saya ingin tetap bekerja di sini.

Jangan Basa Basi dan Jangan Ragu
Tunjukkan bahwa Anda telah melakukan penelitian Anda. Jelaskan bahwa Anda memahami apa yang orang-orang di industri butuhkan dengan pengalaman Anda yang dimiliki.

Sophia menyarankan Anda jangan ragu bilang bahwa, "Saya layak di sini dan pantas mendapatkannya." 
Mintalah sedikit lebih dari yang Anda inginkan. Anda mungkin tidak mendapatkannya, tetapi Amoruso mengatakan dia selalu menghormati orang untuk bernegosiasi."Ini agak aneh pada titik ini ketika orang tidak bernegosiasi," ucap dia.

Tetap profesional
Pada akhirnya, Amoruso merekomendasikan menghindari pembicaraan tentang peningkatan biaya, krisis kesehatan, atau hal-hal pribadi lainnya.

Jagalah kualitas diri dan Anda akan meninggalkan ruangan dengan lebih menghormati diri sendiri, dan lebih banyak rasa hormat dari atasan Anda, terlepas dari hasilnya. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading