Cerita Bill Gates Tentang Guru yang Ia Kagumi

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
23 August 2018 10:46
Cerita Bill Gates Tentang Guru yang Ia Kagumi
Jakarta, CNBC Indonesia- Bill Gates adalah sumber inspirasi bagi banyak orang. Meski begitu,  kesuksesannya tidak datang begitu saja. Gates berkembang dengan orang-orang yang membantu membentuknya menjadi miliuner seperti sekarang yakni gurunya.

Saat dia masih menjadi mahasiswa, Gates mengaku bahwa dia memiliki guru-guru sangat inspiratif. Di antaranya pustakawan yang hebat ketika Gates duduk di kelas empat, dan guru kimia di sekolah menengah yang membentuknya menjadi pribadi baik dan kuat.




"Ketika saya masih mahasiswa, saya beruntung memiliki guru yang menginspirasi  termasuk pustakawan yang hebat ketika saya di kelas empat dan guru kimia di sekolah menengah yang menantang saya. Mereka membantu membuat saya menjadi orang yang baik," kata co-founder Microsoft dalam blog nya, dikutip dari CNBC Make It, Kamis (23/8/2018).

Baru-baru ini, Gates pun menghadiri acara Guru Nasional  2018 di Amerika Serikat dan dia sangat ingin berbagi pengalaman bagaimana pekerjaan mereka membantu untuk mempengaruhi siswa lain secara positif. Ini khususnya bagi mereka yang berasal dari latar belakang kurang mampu.

Mandy Manning dinobatkan sebagai "guru tahun ini" oleh Dewan Kepala Sekolah Kepala Sekolah pada bulan April sebagai pengakuan atas karyanya mengajar bahasa Inggris kepada pengungsi yang baru tiba dan mahasiswa imigran di Newcomer Center di Joel E. Ferris High School di Spokane, Washington. Dia juga terpilih sebagai Guru Negara Tahun 2018 di Washington.

Manning memberi tahu Gates bahwa banyak dari siswanya telah melarikan diri dari perang dan kemiskinan ekstrem di negara asal mereka dan tiba di AS tanpa bahasa Inggris. Meski begitu, Mandy sangat beryukur mereka masih bisa keluar dari perang, bertahan hidup, dan memiliki harapan akan masa depan.

Jadi dia berusaha menunjukkan kepada mereka bagaimana sekolah itu relevan dan dapat mengarah ke masa depan yang lebih optimistis. Dengan memiliki pendidikan mumpuni maka Anda dapat bisa menjadi penjajah waktu dan meraih masa depan Anda.

"Anda bisa menjadi penjelajah waktu, melihat diri Anda di masa depan pergi ke universitas," kata Manning seperti dikutip di blog Gates.

Manning, yang telah menjadi guru selama 19 tahun ini mengatakan bahwa dia percaya mendemonstrasikan pentingnya pendidikan tidak hanya penting bagi siswa tetapi untuk masyarakat yang lebih luas.

"Untuk disambut dengan tangan terbuka dan mengetahui bahwa orang-orang menginginkan Anda di sana, itu akan membuat perbedaan besar dalam bagaimana mereka berinteraksi dalam komunitas baru mereka. Serta bagaimana pula mereka bergerak maju dalam kehidupan," katanya.

Manning menambahkan bahwa dia berharap para guru dapat diberikan lebih banyak suara ketika datang untuk membentuk kebijakan pendidikan ke depan. Dia saat ini mengambil waktu dari mengajar untuk mengunjungi sekolah dan pendidik untuk berbagi pengalamannya mendidik siswa yang kurang mampu.

"Ini kebanyakan tentang pertukaran budaya. Saya membawa kembali apa yang saya pelajari, dan mereka semoga telah belajar sedikit dari saya."

Gates, pun menggambarkan Manning dalam posting blognya sebagai wanita yang luar biasa, yang  mengingatkannya tentang peran penting guru-guru super-berbakat, pekerja keras dalam membentuk kesuksesan orang-orang. Pria berusia 26 tahun itu bukan satu-satunya pemimpin bisnis yang terkenal untuk menghubungkan keberhasilan mereka dengan guru-guru  mereka. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading