Minat Berbisnis Naik, Waralaba Tumbuh 15% Tiap Tahun

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
20 July 2018 19:35
Industri waralaba menjadi pilihan bagi mereka yang ingin memiliki bisnis sendiri dengan modal yang tidak terlalu besar
Jakarta, CNBC Indonesia - Minat untuk menjadi pebisnis waralaba dari tahun ke tahun terus meningkat. Ini lantaran tingginya nilai perputaran uang pada industri ini yang menjadi cermin betapa besar daya tarik industri waralaba dalam membantu perekonomian pelaku waralaba.

Ketua Umum AFI, Andrew Nugroho menyatakan bahwa industri waralaba menjadi pilihan bagi mereka yang ingin memiliki bisnis sendiri dengan modal yang tidak terlalu besar. Tak heran, banyak pelaku bisnis menggali ide kreatif mereka agar tetap bertahan di sektor waralaba tersebut.

Kendati demikian, untuk mempersiapkan perusahaan yang mumpuni, pengusaha pun harus mempersiapkan segalanya dengan terorganisir. Serta melakukan branding dan pembinaan dengan baik.


"Bisnis waralaba di Indonesia tidak pernah kehabisan akan selalu tumbuh bahkan ide kreatif sangat banyak. Hanya saja untuk mempersiapkan perusahaan yang siap menangani waralaba, branding dan marketing perlu pembinaan," ujar Andrew Nugroho, Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia kepada CNBC Indonesia di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (20/7/2018).

Dia menuturkan bahwa ide produk dan bisnis yang dimiliki pebisnis pemula sangatlah banyak dan beragam. AFI mencatat Ada lebih dari 200 jaringan waralaba dengan penyerapan tenaga kerja sekitar 5 juta oran sehingga setiap tahun, bisnis waralaba terus meningkat 15-25% per tahun. 

Bisnis waralaba banyak menawarkan skema permodalan yang fleksibel sehingga nyaris semua orang bisa menekuninya. Namun setelah terjun di bisnis ini tentu para pemain harus terus menambah pengetahuan dan pengalaman mereka.

"Prospek bisnis waralaba ini sangat menjanjikan tak heran untuk tetap bertahan haruslah fokus dan mengembangkan pengetahun. Ini sesuai dengan arah kebijakan ekonomi yang dicanangkan pemerintah yaitu ekonomi kerakyatan dan keadilan," kata dia.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading