Ingin Jadi Miliuner Saat Pensiun? Begini Cara Investasinya

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
09 July 2018 10:16
Ingin Jadi Miliuner Saat Pensiun? Begini Cara Investasinya
Jakarta, CNBC Indonesia- Setiap orang tentunya ingin pensiun dengan tenang setelah puluhan tahun bekerja. Bahkan, banyak yang menginginkan sudah memiliki aset atau tabungan miliaran rupiah di hari tua supaya tak pusing saat tak bekerja lagi.

Dilansir dari CNBC Make It, bukan tidak mungkin anda memiliki investasi senilai Rp 14 miliar begitu memasuki usia pensiun. Dalam hal ini kisaran 67 - 70 tahun. Tapi syaratnya adalah dimulai dari usia 20-an.

Jika Anda berusia 20-an  Anda bisa menyisihkan uang sekitar US$ 400 (Rp 5,6 juta) per bulan. Kendati demikian, nominal tersebut bila memang memungkinkan saja.




CNBC Make It menggunakan kalkulator jutawan CNN Money yang berguna untuk memperkirakan kapan Anda akan menjadi seorang jutawan jika Anda mampu menabung US$ 300 (Rp 4,2 juta) di akun investasi setiap bulan, dengan asumsi bahwa Anda memulai dari nol  saat  mulai menabung. 

Dengan tingkat pengembalian 4 persen, Anda akan menjadi miliuner dalam 62 tahun, pada tahun 2080.
Dengan tingkat pengembalian 6 persen, Anda akan menjadi miliuner dalam 48 tahun, pada 2066.
Dengan tingkat pengembalian 8 persen, Anda akan menjadi miliuner dalam 39 tahun, pada tahun 2057.
Dengan tingkat pengembalian 10 persen, Anda akan menjadi miliuner dalam 34 tahun, pada 2052.


Seperti yang ditunjukkan, angka-angka ini tergantung pada berapa usia Anda mulai menyisihkan US$ 300 (Rp 4,2 juta) per bulan.

Ini mungkin bukan rencana jangka panjang yang dapat diandalkan untuk membangun kekayaan dan mempersiapkan diri untuk pensiun tapi ini dinilai ampuh.

Bila tidak memungkinkan untuk menabung senilai US$300 Anda bisa memaksimalkan dengan US$2100 pertahun. Bahkan banyak orang Amerika menyisihkan uang untuk tabungannya sekitar US$ 175 setara Rp 2,5 juta per bulan.

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading