Kisah Tiga Pria AS yang Berhasil Jual Website Rp 16,68 T

Entrepreneur - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
12 May 2018 20:09
Jakarta, CNBC Indonesia - Pada hari Selasa (8/5/2018), situs (website) gaji dan pekerjaan, Glassdoor mengumumkan bahwa perusahaan tersebut akan diakuisisi oleh perusahaan Human Resources asal Jepang yaitu Recruit Holding seharga US$ 1,2 miliar atau setara Rp 16,74 triliun secara tunai (cash).

Nilai akuisisi tersebut merupakan angka yang fantastis, mengingat kelahiran situs Glassdoor di 10 tahun yang lalu dibuat dengan ide yang sangat sederhana namun kontroversial.

Co-Founder Glassdoor Robert Hohman mengatakan, mengawali karirnya di Microsoft sebagai insinyur perangkat lunak (software) dan salah satu pegawai yang paling awal bekerja di Microsoft Expedia Travel Service, sebuah platform travel online yang selanjutnya berdiri sendiri menjadi Expedia.com.


Expedia mengumumkan penawaran umum saham perdananya di November 2019, dan di tahun yang sama induk usaha Expedia mengakuisisi perusahaan travel lain yang lebih kecil termasuk discount travel website Hotwire , yang selanjutnya dikelola Hohman.

Berawal dari hal tersebut, Hohman mulai membuat gerakan professional yang tidak biasa.

"Pada 2006, saya menghabiskan waktu saya selama setahun dengan bermain video game, saya bermain World of Warcraft. Setiap hari saya bangun di pagi hari, mengirim anak saya sekolah lalu bermain sepanjang hari. Tapi harus ada yang lebih hidup daripada hanya permainan," ujar Hohman kepada Forbes seperti dikutip CNBC International.

Dirinya menyadari hal tersebut setelah melewati capaian maksimum dalam game yang dimainkannya. Selanjutnya, Hohman mulai menghubungi Rich Barton yaitu pendiri Expedia dan situs informasi real estate sebagai mentor dalam menunjukkan arah kedepannya.

"Kami mulai melakukan brainstorming (bertukar pikiran) terhadap banyak ide, selama percakapan tersebut Barton membuat gagasan baru," tambah Hohman.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading