Ongkos dan Persiapan Para Desainer untuk Show di Luar Negeri

Entrepreneur - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
08 March 2018 16:38
Ongkos dan Persiapan Para Desainer untuk Show di Luar Negeri
Jakarta, CNBC Indonesia- Sejumlah desainer Tanah Air telah mengepakkan sayap ke kancah internasional. Salah satunya Michelle Tjokrosaputro, pemilik label Bateeq, yang akan melenggang ke pergelaran fashion terbesar di Korea Selatan, Fashion Kode 2018, Maret ini. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk bisa tampil di pekan mode luar negeri?

Michelle menyebutkan kalau untuk fashion show kali ini ia tampil di pekan mode Korea Selatan berkat program Indonesia Fashion Forward (IFF) dan Jakarta Fashion Week (JFW). Jadi ongkos yang dikeluarkan tidak terlalu banyak karena mendapat subsidi dari pihak JFW-IFF.




"Berkat JFW fashion show-nya sendiri gratis, kalau ada yang dibiayai paling kita bayar untuk PR atau misalnya ekstra photo shoot," ujar Michelle saat berbincang dengan CNBC Indonesia di Fashion Link X Blckvnue, Senayan City, Jakarta Pusat, Rabu (7/3/2018).

Sebelum Korea Selatan, Michelle pernah membawa labelnya tampil di beberapa negara seperti Jepang dan Amerika Serikat. Cucu Kasom Tjokrosaputro yang merupakan pendiri Batik Keris itu mengatakan ongkos yang dikeluarkan desainer akan berbeda bila pergi sendiri.

Banyak biaya yang perlu disiapkan mulai dari bayar untuk membeli slot fashion show, makeup, tim PR, videografer, hingga akomodasinya. Bahkan Michelle menuturkan untuk penentuan lagu yang dipakai saat fashion show juga perlu berhati-hati karena bisa membayar lebih jika tak izin. Menurut Michelle, desainer bisa mengeluarkan sekitar Rp 200 juta sampai Rp 400 juta untuk sekali show.

"Lagunya juga nggak boleh asal pakai lagu karena nanti bisa kena copyright. Kita harus buatin lagu dari sini pesan sama DJ. Belum lagi tinggal di sana minimun empat hari untuk persiapan. Jadi banyak sekali ongkos yang harus dikeluarkan dan biasanya desainer-desainer itu mencari sponsor," kata Michelle.

Salah satu pendiri label Kami., Istafiana Candarini, juga mengatakan hal serupa. Ia bersama tim biasa mencari sponsor ketika akan menampilkan karya di luar negeri. Kami. sendiri pernah melenggang di panggung Singapore Fashion Week,  Asia Islamic Fashion Week (AIFW), Kuala Lumpur Fashion Week, dan bulan ini pergi ke Fashion Kode 2018, Korea Selatan.

"Setiap ngambil show alhamdulillah ada support, kali ini Wardah. Singapore Fashion Week kita bareng sama e-commerce HijUp, selalu ada sponsor. Biaya show di luar sebenarnya hampir sama kayak di Indonesia ada buat produksi, PR cost, tambah akomodasi. Cuma kalau jual barang di luar negeri kayak Kami. ada di beberapa toko Malaysia paling biaya bulanan, SPG, sama saja sih paling ekstra akomodasi," ujar Istafiana. (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading