Vietnam Produksi Chip Semikonduktor Mandiri, RI Bagaimana?

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
28 September 2022 16:55
Ilustrasi Chip Komputer (Photo by Jeremy Waterhouse from Pexels) Foto: Ilustrasi chip (Photo by Jeremy Waterhouse from Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Vietnam kembali membuat kejutan pasca membuka ekonominya sejak 1986. Negara tetangga Indonesia bersiap menjadi salah satu produsen chip semikonduktor yang banyak dibutuhkan oleh perangkat elektronik.

Adalah FPT Semiconductor, sebuah unit dari perusahaan teknologi terkemuka Vietnam FPT, yang meluncurkan lini pertama chip semikonduktor yang digunakan dalam perangkat medis. Ini sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk memasuki industri global yang kompetitif. .

Perusahaan itu menargetkan memasok 25 juta chip secara global pada tahun 2023 dan mengincar Jepang, Taiwan, China, dan Amerika Serikat sebagai pasar utama, tulis perusahaan dalam keterangannya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (28/9/2022).

Dilansir dari website Astra Honda, Chip semikonduktor merupakan bahan utama untuk membuat Integrated Circuit (IC). Ini merupakan komponen utama yang dibutuhkan untuk membuat mobil, smartphone, konsel game, komputer dan barang elektronik lainnya.

Selama 2020 hingga kini dunia harus menghadapi kekurangan pasokan chip semikonduktor karena tingginya permintaan akan barang elektronik saat banyak orang terkunci di rumah karena lockdown. Tingginya permintaan ini berdampak besar pada pasokan chip semikonduktor untuk sektor otomotif.

Faktor lain penyebab kelangkaan chip semikonduktor adalah sanksi yang dijatuhkan Amerika Serikat (AS) kepada perusahaan semikonduktor China, saat pemain di industri ini tidak banyak.

Pembuat semikonduktor global dalam beberapa tahun terakhir mengarahkan ekspansinya ke negara Asia Tenggara, yang sudah menjadi pusat manufaktur regional utama, sebagai tujuan produksi alternatif ke China.

Samsung mengatakan akan mulai membuat suku cadang semikonduktor di Vietnam pada Juli 2023 setelah menyuntikkan US$920 juta ke pabriknya di provinsi utara Thai Nguyen awal tahun ini. Intel meningkatkan investasi chip Vietnam hampir 50% pada tahun 2021.

Total produksi chip Vietnam berpotensi tumbuh menjadi industri senilai US$1,65 miliar pada tahun 2025, menurut laporan Agustus oleh perusahaan riset pasar AS Technavio.

Indonesia sendiri telah memiliki pabrik chip semikonduktor di Batam. ini milik PT Infineon Technologies Batam. Perusahaan Jerman ini sudah beroperasi sejak 1996.

PT Infineon Technologies Batam mengedepankan solusi untuk manajemen energi yang efisien, mobilitas cerdas, dan komunikasi yang aman dan lancar, serta menghubungkan dunia nyata dan dunia digital.

Pada April 2022 lalu, PT Infineon Technologies Batam melakukan ekspansi area produksi dengan pembelian real estate dari PT Unisem di Kawasan Industri Batamindo Industrial Park.

Ekspansi ini dilatarbelakangi pemenuhan gap kebutuhan Integrated Circuit (IC), mengingat sejak boundaries di beberapa negara dibuka pasca pandemi Covid-19, terjadi lonjakan permintaan IC yang cukup besar, yang semula 10 juta IC/minggu menjadi 20 juta IC/minggu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Siap-siap! Harga HP, Laptop, Kulkas Hingga Mobil Bakal Naik


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading