Calon Founder, Ini 3 Langkah Mudah Menghitung Valuasi Startup

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
19 April 2022 10:15
Ilustrasi dana darurat (Freepik)

Langkah 3: Tentukan Valuasi Startup

Begitu mendapatkan angka valuation multiple, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah memasukkan angka tersebut ke GMV startup Anda. Sederhana, kalikan valuation multiple dengan capaian bisnis.

Jika, misalnya, startup e-commerce Anda menghasilkan US$20 juta dalam GMV tahunan, berdasarkan perhitungan valuasi ini, perusahaan dapat berargumen bahwa pendanaan yang digalang harus bernilai US$42 juta (2,1 kali GMV) atau paling tidak berada di kisaran US$24 juta ( 1,2 kali GMV) hingga US$69 juta (3,3 kali GMV).

Namun, seperti yang telah ditegaskan sebelumnya, menilai angka valuasi startup bukanlah ilmu pasti. Angka ini seharusnya hanya menjadi patokan untuk diskusi dengan para investor. Dalam diskusi ini, founder atau pihak startup harus terbuka untuk mendiskusikan alasan angka penawaran tersebut masuk akal atau tidak.


Pertimbangan penting pada tahap ini adalah tiap perusahaan memiliki cara yang berbeda. Jika, misalnya, perusahaan memiliki unit ekonomi yang jauh lebih lemah, investor mungkin berpendapat bahwa kelipatan penilaian harus berada pada kisaran yang lebih rendah.

Demikian pula, jika perusahaan memiliki keunggulan kompetitif, Anda dapat berargumen bahwa pendanaan yang diberikan harus lebih tinggi dari rata-rata industri.


[Gambas:Video CNBC]

(dem/dem)
HALAMAN :
1 2 3
Artikel Selanjutnya

Startup Unicorn Rugi Sudah Tak Zaman, Ini yang Paling Penting

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading