Calon Founder, Ini 3 Langkah Mudah Menghitung Valuasi Startup

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
19 April 2022 10:15
Seorang pedang kopi keliling melewati ruas jalan utama di kawasan jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta, Sabtu (1/1/2022). Sejak pukul 22.00 WIB terpantau kendaraan dan warga  sangat lengang. 
Kendaraan operasional polisi tampak menyusuri ruas-ruas jalan yang menjadi titik penutupan jalan.Malam pergantian tahun 2021 menuju 2022 di pusat Kota Jakarta berlangsung sepi. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya menutup 11 ruas jalan sejak pukul 22.00 WIB.
Dari pantauan dilokasi sejumlah ruas jalan di Jakarta terpantau lengang. Tak banyak kendaraan melintas.   
Kendaraan operasional polisi tampak menyusuri ruas-ruas jalan yang menjadi titik penutupan jalan (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Langkah 2: Hitung Valuasi Rata-rata Industri

Untuk mencari tahu seberapa besar nilai startup e-commerce, pada dasarnya investor memeriksa seberapa besar nilai perusahaan lain jika mereka memiliki laju pertumbuhan bisnis yang serupa.

Sebagai permulaan, kita membutuhkan valuation multiple, rasio yang dihitung dengan membagi valuasi sebuah perusahaan dengan metrik utama perkembangan mereka.

Kuncinya adalah menemukan indikator utama yang bisa menentukan nilai bagi perusahaan. Dalam hal ini, kita akan menggunakan GMV.


Beberapa indikator lain yang umum digunakan adalah pendapatan tahunan, pinjaman tahunan yang dicairkan, dan pengguna aktif bulanan.

Berdasarkan daftar contoh yang dibuat AC Ventures, dapat dihitung valuation multiple lima perusahaan yang kita bandingkan dan menemukan bahwa angkanya ada kisaran dari 1,2x hingga 3,3x. Karena tidak ada data yang terlalu berbeda, outlier, kita bisa menghitung rata-rata valuation multiple yaitu 2,1x terhadap GMV.

Hal ini menunjukkan bahwa berdasarkan perusahaan-perusahaan ini, untuk setiap US$1 dalam transaksi yang disetahunkan, valuasi mereka adalah US$ 2,1.

Pada halaman berikut kita akan memasuki tahap penghitungan valuasi startup.

Menentukan Valuasi Startup Anda
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading