Omicron Masuk RI, Molnupiravir Dipastikan Datang Akhir Tahun

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
16 December 2021 12:15
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Varian Omicron dipastikan sudah masuk ke Indonesia. Pemerintah berupaya menyiapkan infrastruktur termasuk mendatangkan obat covid-19 Molnupiravir di akhir tahun ini.

"Menyiapkan infrastrukturnya, rumah sakit dan obat-obatan. Molnupiravir akan datang di akhir tahun ini," kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Kamis (16/12/2021).

Dia juga mengingatkan untuk tetap tenang dan waspada. Serta mengimbau masyarakat mematuhi protokol kesehatan dan meningkatkan surveillance (pengawasan).


Selain itu juga mengingatkan untuk mempercepat vaksinasi di dalam negeri. Terutama bagi kelompok lansia yang ke luar negeri.

"Kita harus percepat vaksinasi, terutama lansia ke luar negeri," jelasnya.

Budi juga mengatakan sebaiknya untuk tidak ke luar negeri jelang liburan Natal dan Tahun Baru. Dia meminta menghabiskan waktu di dalam negeri saja.

Indonesia, dia mengklaim sebagai negara yang jauh lebih aman dari banyak negara lain dunia. "Kita jaga keluarga kita, tetangga kita dan kita jaga seluruh rakyat Indonesia dengan mengurangi perjalanan ke luar negeri kalau tidak perlu," jelasnya.

"Kita jalan-jalan saja di dalam negeri, karena relatif kita jauh lebih aman".

Sementara itu satu kasus konfirmasi Omicron ditemukan di Wisma Atlet, Jakarta. Ada juga lima kasus kemungkinan diduga terinfeksi varian Omicron.

Dua orang merupakan warga negara Indonesia yang baru saja dari Amerika Serikat dan Inggris. Sedangkan tiga orang adalah warga China yang berada di Manado.

Varian Omicron menyebar dengan lebih cepat sejak diumumkan pertama kali ada di Afrika Selatan. Sejumlah negara juga telah mengonfirmasi kasus varian tersebut termasuk Inggris dan Hong Kong.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Menkes Sebut Obat Molnupiravir akan Diuji ke Pasien Covid RI


(npb/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading