Pasien 1 Omicron RI Ketahuan Semalam, Ini Penjelasan Menkes

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
16 December 2021 11:33
Infografis/Waspada Lonjakan Covid Menkes Pantau Ketat 19 Kota/Aristya rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan Covid-19 varian omicron sudah terdeteksi di Indonesia. Pasien pertamanya adalah petugas kebersihan dari Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Jakarta.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan Kemenkes mendeteksi adanya seorang pasien berinisial N terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron pada 15 Desember 2021. Data tersebut sudah terkonfirmasi.

"Pasien N merupakan tenaga pembersih di rumah sakit Wisma Atlet," ujarnya dalam konferensi pers digital di Jakarta, Kamis (16/12/2021).


Budi Gunadi Sadikin menambahkan penemuan kasus infeksi Covid-19 varian Omicron ini berasal dari kegiatan rutin pengambilan sampel dengan tes PCR pada tenaga pembersih rumah sakit Wisma Atlet pada 8 Desember 2021.

"Data tersebut kami terima tanggal 10 Desember 2021. Dari situ kita lihat ada tiga pekerja yang hasil PCR terkonfirmasi positif Covid-19. Balitbangkes langsung melakukan uji genome sequencing dari tiga yang positif, satu terkonfirmasi omicron," terang Budi Gunadi Sadikin.

Ia menambahkan ketiga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala dan masih sehat. Mereka tidak demam, tidak batuk. Mereka menjalani karantina di Wisma Atlet.

"Mereka bertiga sudah lakukan tes PCR kedua dan hasilnya sudah negatif," terang Budi Gunadi Sadikin.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kasus Omicron 1 RI Petugas Wisma Atlet, Tertular di Mana?


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading