Terungkap! Menkes Temukan 5 Orang Suspek Omicron RI

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
16 December 2021 11:05
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat  Kementerian Kesehatan RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pihaknya sedang menangani suspek 5 kasus Covid-19 varian omicron. Mereka diketahui datang dari luar negeri.

Dua di antaranya adalah warga negara Indonesia yang baru kembali dari Amerika Serikat (AS) dan Inggris. Keduanya diisolasi di Wisma Atlet, Jakarta.

"Tiga orang dari Tiongkok datang ke Manado dan dikarantina di Manado," terang Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers digital di Jakarta, Kamis (16/12/2021).


Budi Gunadi Sadikin menambahkan kelima orang ini statusnya masih kemungkinan terinfeksi Covid-19 varian omicron. Saat ini sampel PCR 5 orang ini sudah dikirim ke Balai Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan (Balitbangkes).

"Balitbangkes lagi tes genome sequencing. Diharapkan tiga hari ke depan apakah benar omicron atau tidak," terangnya.

Sebelumnya, Budi Gunadi Sadikin menginformasikan Covid-19 varian omicron sudah masuk ke Indonesia. Pasien pertamanya adalah tenaga kebersihan di Wisma Atlet.

"Kemenkes tadi malam mendeteksi seorang pasien berinisial N terkonfirmasi [varian] Omicron pada 15 Desember ," ujar Budi Gunadi Sadikin.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sederet Fakta Ditemukannya Covid-19 Varian Omicron di RI


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading