Kasus Omicron 1 RI Petugas Wisma Atlet, Tertular di Mana?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
16 December 2021 12:50
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan Indonesia sudah mendeteksi Covid-19 varian Omicron. Kasus pertama ini berinisial N adalah petugas kebersihan Rumah Sakit Wisma Atlet, Jakarta.

Pasien pertama ini diduga terinfeksi Covid-19 varian Omicron di Wisma Atlet dan tidak memiliki rekam jejak perjalanan ke luar negeri.

"Kasus Omicron yang sudah dikonfirmasi satu kasus dan lima kasus probable-nya itu terjadi di karantina. Petugas kebersihan ini tidak memiliki history perjalanan ke luar negeri," ujar Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers digital di Jakarta, Senin (16/12/2021).


"Tetapi kita belajar dari Hong Kong memang terjadi juga seperti itu. Jadi karena dia melayani pasien sehingga akibatnya dia tertular," terangnya.

Budi Gunadi menambahkan pasien N kebetulan tinggal di Asrama Wisma Atlet sehingga dilakukan tindakan isolasi di asmara.

Budi menambahkan hingga kini pemerintah belum menemukan adanya transmisi atau peluaran komunitas varian Omicron di Indonesia. Kasus omicron pertama dan lima terduga terinfeksi terjadi di tempat karantina.

Informasi saja, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengkonfirmasi terdeteksinya Covid-19 varian Omicron pada 15 Desember 2021. Pasien tersebut sudah dilakukan tes PCR kembali dan hasilnya sudah negatif.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pasien 1 Omicron RI Ketahuan Semalam, Ini Penjelasan Menkes


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading