Menkes: Pasien Pertama Varian Omicron Sudah Negatif Covid-19

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
16 December 2021 14:15
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat Konfrensi Pers Kedatangan Vaksin Covid-19 Tahap ke-18, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, 30 Juni 2021  (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan Covid-19 varian Omicron sudah terdeteksi di Indonesia. Pasien pertama tersebut berinisial N dan merupakan petugas kebersihan Rumah Sakit Wisma Atlet, Jakarta.

Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan pasien N terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron pada 15 Desember 2021 setelah Gisaid (lembaga khusus meneliti virus influenza) mengkonfirmasi Genome Sequencing pasien tersebut.

Budi Gunadi Sadikin menambahkan penemuan kasus infeksi Covid-19 varian Omicron ini berasal dari kegiatan rutin pengambilan sampel dengan tes PCR pada tenaga pembersih rumah sakit Wisma Atlet pada 8 Desember 2021.


"Data tersebut kami terima tanggal 10 Desember 2021. Dari situ kita lihat ada tiga pekerja yang hasil PCR terkonfirmasi positif Covid-19. Balitbangkes (Balai Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan) langsung melakukan uji genome sequencing dari tiga yang positif, satu terkonfirmasi omicron," terang Budi Gunadi Sadikin, dalam konferensi pers digital di Jakarta, Kamis (16/12/2021).

Ia menambahkan ketiga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala dan masih sehat. Mereka tidak demam, tidak batuk. Mereka menjalani karantina di Wisma Atlet.

"Mereka bertiga sudah lakukan tes PCR kedua dan hasilnya sudah negatif," terang Budi Gunadi Sadikin.

Budi Gunadi Sadikin menambahkan Kemenkes belum mendeteksi transmisi atau penyebaran Covid-19 omicron pada komunitas dalam negeri.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sederet Fakta Ditemukannya Covid-19 Varian Omicron di RI


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading