Bos Proyek Uang Kripto Facebook Meta Mundur, Ada Apa?

Tech - Tim, CNBC Indonesia
01 December 2021 11:25
David Marcus AP/

Jakarta, CNBC Indonesia - David Marcus, kepala unit pengembangan cryptocurrency Facebook Meta mengumumkan akan meninggalkan perusahaan pada akhir tahun ini.

David Marcus resign terjadi stelah perusahaan mencoba dan gagal meluncurkan cryptocurrency yang dapat digunakan untuk mengirim uang secara online kepada siapa pun di seluruh dunia melalui produk Facebook.

David Marcus bergabung dengan Facebook Meta pada 2014 setelah dua tahun menduduki posisi presiden PayPal. Posisi awalnya ketika bergabung adalah sebagai vice president yang bertanggung jawab atas layanan Messenger. Namun pada 2018 menjadi unit proyek keuangan Facebook.


Divisi itu mengumumkan mata uang digital sendiri bernama Libra dan dompet digital Calibra pada Juni 2019, dengan mengatakan bahwa harapannya adalah kedua proyek dapat diluncurkan pada tahun 2020.

Namun proyek ini mendapat tentangan keras dari regulator keuangan dunia dan parlemen. Perusahaan akhirnya merilis produk dompet digitalnya, berganti nama menjadi Novi, pada bulan Oktober. Tetapi mata uang digital, yang sekarang bernama Diem dan dijalankan oleh asosiasi independen, tetap belum dirilis ke publik.

"Meskipun masih banyak yang harus dilakukan segera setelah peluncuran Novi -- dan saya tetap bersemangat seperti sebelumnya tentang perlunya perubahan dalam pembayaran dan sistem keuangan kami -- DNA kewirausahaan saya telah membangunkan saya dan sudah terlalu lama mengabaikannya, "kata David Marcus dalam utas tweet yang mengumumkan kepergiannya.

Kepergian Marcus mengikuti jejak eksekutif lainnya yang mengembangkan proyek uang digital Meta Facebook. Rekan pendiri proyek Morgan Beller meninggalkan perusahaan pada September 2020 dan berkarir di venture capital.

Kevin Weil, salah satu pendiri proyek lainnya, resign pada bulan Maret untuk bergabung dengan Planet, sebuah perusahaan San Francisco dengan armada satelit yang mengambil foto bumi sekali setiap hari, memberikan pengguna citra yang menunjukkan bagaimana bumi berubah.

"Kami akan mengalami kehilangan besar di Diem tanpa kepemimpinan Anda, dan saya bersyukur Anda telah menjadikan Meta tempat di mana kami membuat taruhan besar itu," tulis CEO Facebook Mark Zuckerberg dalam komentar di profil Facebook Marcus.

Executive Stephane Kasriel akan menggantikan Marcus sebagai kepala divisi produk keuangan Novi perusahaan, kata Marcus dalam pengumuman keberangkatannya.

"Saya tidak sabar untuk menyaksikan ini dari luar," cuit Marcus. "Saya tahu ada sesuatu yang hebat di depan."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Facebook Ganti Nama Meta, Gimana Nasib Whatsapp & Instagram?


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading