Facebook Ganti Nama Meta, Gimana Nasib Whatsapp & Instagram?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
01 November 2021 07:05
Seen on the screen of a device in Sausalito, Calif., Facebook CEO Mark Zuckerberg announces their new name, Meta, during a virtual event on Thursday, Oct. 28, 2021. Zuckerberg talked up his latest passion -- creating a virtual reality

Jakarta, CNBC Indonesia - Minggu lalu, pendiri dan Kepala Facebook, Mark Zuckerberg akhirnya mengumumkan penggantian nama perusahaan menjadi Meta. Pertanyaan berikutnya bagaimana nasib produk lain seperti WhatsApp dan Instagram?

Nampaknya tak ada yang berubah dengan susunan itu. Sebab perubahan hanya terjadi pada nama induk usaha dari Facebook menjadi Meta.

Namun kemungkinan bakal ada sedikit perubahan tampilan aplikasi tersebut. Hal ini terlihat dari laporan Wabetainfo belum lama ini.


Sebelumnya saat membuka aplikasi akan terlihat 'WhatsApp from Facebook', namun akan berubah menjadi 'WhatsApp from Meta'. Ini terlihat dalam pembaruan beta tak lama setelah perusahaan mengumumkan nama perusahaan yang baru.

Terlihat nama Meta lengkap dengan simbol infinity-nya terpampang di bagian bawah layar. Pada bagian footer Settings, nama WhatsApp from Facebook juga terlihat dihapus.

Hal serupa terjadi pada versi beta di Android. Tampilannya juga berubah menjadi nama baru perusahaan tersebut.

Bos WhatsApp, Will Catchcart juga mengumumkan dalam Twitternya akan ada pembaruan di aplikasi dan websiternya yang mencerminkan nama baru tersebut.

"Selama beberapa minggu ke depan, Anda akan melihat kami melakukan pembaruan yang mencerminkan nama baru dalam WhatsApp dan website kami," kata Will Catchcart, dikutip Senin (1/11/2021).

"Dan tim kami akan bekerja untuk menjelaskan untuk lebih dari dua miliar pengguna kami jika keyakinan kami pada privasi dan keamanan tetap sama".

Saat mengumumkan nama baru itu, Zuckerberg menjelaskan nama perusahaan sebelumnya terikut dengan satu produk. Jadi tak mewakili semua aktivitas yang dilakukan pihaknya termasuk di masa depan.

Saat ini, merek kami terkait erat dengan satu produk, sehingga tidak mungkin mewakili semua yang kami lakukan hari ini, apalagi di masa depan," kata Zuckerberg.

Dengan begitu, nama Facebook hanya akan tersedia untuk salah satu produk perusahaan. Selain juga WhatsApp dan Instagram.

Selain mengubah nama, perusahaan asal California itu juga mengumumkan perubahan logo. Meski ada perubahan ini, struktur perusahaan tidak ada yang berubah sama sekali.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cek Whatsapp! Ada Perubahan Akibat Facebook Ganti Jadi Meta


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading