Bos Meta Pamer Sarung Tangan Canggih, Sentuh Objek Virtual

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
17 November 2021 14:50
Meta Reality Labs (Ist/Theverge)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ambisi Mark Zuckerberg menjadikan metaverse atau dunia virtual sebagai masa depan Facebook ternyata tak main-main. Terbaru ia memamerkan sarung tangan canggih yang bisa memunculkan sensasi pengguna menyentuh objek virtual.

Sarung tangan ini dikembangkan oleh Meta Reality Lab selama tujuh tahun terakhir. Sarung tangan ini menggunakan teknologi haptic, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (17/11/2021).

Sarung tangan ini memberikan sensasi seperti mengenggam objek yang ada di dunia nyata. Jadi ketika pengguna memasuki dunia virtual, sarung tangan ini bisa menyesuaikan tekanan, dan sensasi sentuhan seperti menyentuh benda nyata dalam dunia virtual.


"Tim Meta Reality Lab sedang mengerjakan sarung tangan haptic untuk memberikan sensasi realistis terharap sentuhan di metaverse. Suatu saat, Anda akan bisa merasakan tekstur dan tekanan ketika menyentuh objek virtual," tulis Mark Zuckerberg dalam akun Instagramnya.

[Gambas:Instagram]

Sarung tangan ini sendiri pernah dicoba secara langsung oleh Kepala Meta Reality Labs, Michael Abrash, ketika itu ia "menyentuh" objek piring virtual dari dalam headset virtual reality. Kombinasi sensasi dan sentuhan Suara gesekan keramik kasar membuat kesan mendekati kenyataan.

"Saya melihat piring dan melihat jari saya di piring, lalu saya mendengar suara, semacam gesekan di atasnya dan saya merasakan getarannya," ujar Michael Abrash. "Saya memberitahu Anda, saya sedang menggerakkan jari saya di atas piring keramik."

Sejatinya, sensasi sentuhan pada objek virtual bukan hal yang baru. Namun sebagian besar pembuat perangkat haptics menjual produknya khusus untuk institusi militer, industri atau akademik. Namun Meta memproduksi sistem Quest VR berorientasi konsumen dan menghabiskan miliar dolar untuk membangun dunia virtual serta mengintegrasikannya dengan virtual reality dan augmented reality.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Facebook Ganti Nama Meta, Gimana Nasib Whatsapp & Instagram?


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading