Duh! Baru Ganti Nama Jadi Meta, Facebook Malah Ketiban Apes

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
08 November 2021 06:45
Woman holds smartphone with Facebook logo in front of a displayed Facebook's new rebrand logo Meta in this illustration picture taken October 28, 2021. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Jakarta, CNBC Indonesia - Belum lama sejak Facebook mengganti namanya menjadi Meta, namun nada sumbang sudah mulai terdengar. Dua orang diketahui mengkritik konsep Metaverse yang diumumkan perusahaan beberapa waktu lalu.

Salah satunya datang dari Roger McNamee yang merupakan investor awal Facebook. Dia bahkan menyebut Metaverse itu buruk. Rencana tersebut itu sebagai dystopian dan harus membuat orang khawatir.

"Ini ide yang buruk dan fakta kita duduk dan melihat ini seperti normal harusnya membuat orang khawatir," jelasnya, dikutip BBC, Senin (8/11/2021).


McNamee juga menambahkan Facebook harusnya tidak diizinkan untuk membuat Metaverse. Lebih lanjut dia menyoroti informasi salah yang ada dalam platform serta juga tidak yakin Metaverse di tangan pendiri perusahaan Mark Zuckerberg bisa aman.

"Tidak mungkin regulator atau pembuat kebijakan membiarkan Facebook beroperasi di sana (di metaverse) atau masuk dalam mata uang kripto," jelasnya.

Facebook, menurutnya kehilangan hak membuat keputusan sendiri akan perusahaannya, regulator harusnya ikut turun tangan di sana. "Seorang regulator harusnya ada di sana untuk memberikan persetujuan awal untuk semua yang mereka lakukan. Besaran kerugian yang mereka lakukan tidak terhitung".

Selain McNamee, ada juga mantan CEO Google, Eric Schmidt yang ikut mengkritik Metaverse punya Meta itu. Dia terdengar skeptis saat membicarakan dunia baru dari raksasa teknologi dunia tersebut.

"Saya menantikan inovasi luar biasa di Metaverse. Saya sudah menunggu 30 tahun...apakah Facebook akan membangun itu saya tidak tahu," kata Schmidt kepada CNBC Internasional.

Janji Metaverse memang sangat kuat, namun dapat menimbulkan masalah saat orang lupa soal dunia nyata. Dia juga menambahkan pandangannya soal aturan mengenai Metaverse.

"Saya rasa kita tidak tahu. Saya berpikir regulator saat ini tidak punya formulasi yang tepat atau mungkin bagaimana mendiskusikan hal ini," jelas Schmidt.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Facebook Dikabarkan Ganti Nama Minggu Depan, Ini Bocorannya!


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading