Gojek & Grab Cs Berlomba Caplok Bank, Apa Kata OJK?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
19 November 2021 15:27
Ilustrasi OJK

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan teknologi gencar mengakuisisi bank digital. Sebut saja Gojek dengan Bank Jago, induk Shopee dan Sea Group menjadi pemegang saham PT Bank Kesejahteraan Ekonomi (Bank BKE).

Kepala Departemen Riset Sektor Jasa Keuangan OJK, Inka Yusgiantoro menjelaskan selama 2020 ada 6 raksasa teknologi yang mengakuisisi bank buku 2 dan 3. Menurutnya ini menjadi aksi yang umum dilakukan perusahaan hitungan bisnis.

Ada sejumlah alasan akuisisi oleh perusahaan teknologi seperti meningkatkan skala sektor pembayaran dan memperkuat permodalannya.


"Tren sekarang ada beberapa alasan antara lain mempercepat scale-up terutama pembayaran di bank, memajukan ekosistem digital. Dari sisi bank masuknya big tech (raksasa teknologi) terkait memperkuat permodalannya," jelasnya

Dia mengatakan OJK akan terus memastikan perusahaan teknologi yang mengakuisisi bank bisa menjalankan usaha perbankan di masa depan dengan baik. Pihaknya akan terus memonitor perkembangan setelah aksi akuisisi.

"Otoritas tentunya terus memonitor perkembangan post akuisisi ini apakah ada perubahan risiko di bank tersebut, dan bagaimana dampaknya ke sistem stabilitas keuangan maupun upaya meningkatkan inklusi dan literasi keuangan dari masing-masing bank," jelasnya.

CEO Bank Raya, Kaspar Situmorang menjelaskan kepemilikan perusahaan teknologi pada sejumlah bank menjadi satu bagian perbankan dalam 5-10 tahun ke depan. Ini termasuk dalam kelompok bank digital yang jadi bagian perbankan dalam 5-10 tahun lagi.

Ini bersama dengan tiga tipe bank lain, salah satunya bagian dari ekosistem konglomerasi bank seperti BCA dengan Blu. Kedua adalah bank digital yang bagian dari ekosistem non-grup konglomerasi keuangan, seperti CT group dengan Allobank.

"Ketiga adalah bank digital bagian dari fintech, nah ada neocommerce. Keempat adalah bank digital bagian daripada teknologi platform tadi lihat dari sea bank bagian dari Shopee, GoTo dengan Bank Jago," kata Kaspar.

Menurutnya dari empat tipe bank digital, dalam 3-5 tahun menjadi peluang baru. Sebab adanya konsolidasi bank umum berdasarkan POJK no 12 tahun 2021 yang menghimbau adanya konsolidasi terhadap bank buku 1 dan 2 dimana harus memiliki minimum modal.

"Ini percaya mendorong konsolidasi tadi dan tentunya akhirnya postur perbankan akan jauh lebih baik. Paling beruntung adalah customer karena mendapatkan produk-produk terjangkau harganya dan lebih cepat aksesnya," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading