Xi Jinping Serius Mau Matikan Bitcoin Cs, Ini Senjata Barunya

Tech - NBP, CNBC Indonesia
19 November 2021 10:35
Harga Bitcoin anjlok

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintahan Ji Xinping benar-benar mau mematikan cryptocurrency seperti Bitcoin, Ethereum, dan Dogecoin. Setelah menutup akses masyarakat ke uang kripto, kini China mengambil tindakan keras pada aktivitas penambangan kripto.

Juru Bicara National Development and Reform Commission (NDRC) Meng Wei mengatakan pihaknya akan meluncurkan tindakan keras "skala penuh" pada penambangan cryptocurrency dengan berfokus pada penambangan komersial dan peran perusahaan milik negara dalam industri.

Meng Wei menyebut penambangan uang kripto sebagai aktivitas "memakan banyak energi" dan memproduksi banyak emisi karbon". Praktik ini mengancam rencana China untuk mengurangi emisi karbon.


Meng Wei juga menyebut produksi dan perdagangan kripto menghasilkan "risiko yang besar" dan menyebut industri kripto sebagai "buta dan tak teratur", seperti dikutip dari CNNInternational, Jumat (19/11/2021).

Meng Wei menambahkan upaya terbaru baru ini dengan menargetkan penambangan cryptocurrency akan menjadi "sangat penting" bagi tujuan China untuk mengurangi emisi karbon dan mencapai netralitas karbon.

China harus "secara ketat mencegah [penambangan cryptocurrency] bangkit dari abu mati," kata Wei Meng.

Sebagai bagian tindakan tegas, NDRC bakal menaikkan tarif listrik untuk institusi mana pun yang ditemukan menyalahgunakan akses ke listrik bersubsidi untuk berpartisipasi dalam penambangan kripto. China diketahui memberikan subsidi tarif listrik pada sekolah, pusat komunitas atau lembaga kesejahteraan masyarakat lainnya.

Tahun ini China memang mengambil tindakan tegas pada cryptocurrency. Pada Mei lalu China melarang lembaga keuangan dan fintech memfasilitasi transaksi cryptocurrency apapun.

Bank Sentral China bahkan mengancam menghukum berat lembaga perdagangan cryptocurrency luar negeri yang melayani transaksi masyarakat China. mereka menyebut aktivitas itu ilegal.

Selain mengancam rencana pemerintah mengurangi emisi karbon, China menganggap cryptocurrency mengandung risiko keuangan besar dan sebagai cara warga menghindari kontrol pemerintah yang ketat atas modal.

Pembatasan mata uang terdesentralisasi seperti bitcoin juga muncul saat pemerintah meluncurkan versi digital yuan, yang akan memungkinkan bank sentral China melakukan kontrol lebih besar atas aliran dan pertukaran uang.

Upaya terbaru baru untuk menargetkan penambangan akan menjadi "sangat penting" bagi tujuan China untuk mengurangi emisi karbon dan mencapai netralitas karbon, kata Meng pada konferensi pers hari Selasa.

China harus "secara ketat mencegah [penambangan cryptocurrency dari] bangkit dari kubur," kata Meng.

Menurut Nature Communications, China menyumbang 75% penambangan Bitcoin di dunia pada April 2021.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading