No Debat! Xi Jinping Resmi Matikan Bitcoin Cs di China

Tech - NBP, CNBC Indonesia
23 October 2021 19:00
Harga Bitcoin anjlok

Jakarta, CNBC Indonesia - National Development and Reform Commision (NDRC) memasukkan aktivitas penambangan Bitcoin dan cryptocurrency lainnya ke dalam blacklist (daftar hitam) kegiatan industri yang harus ditinggalkan.

Aturan ini dimasukkan dalam Industrial Structure Adjustment Guidance Catalogue yang sudah berlaku efektif sejak Januari tahun lalu. Dalam panduan ini ada tiga kategori arahan industri domestik: Industri yang harus didorong, dibatasi, dan dihilangkan, seperti dikutip dari South China Morning Post, Sabtu (23/10/2021).

Pengaturan baru ini ibarat memukul paku terakhir di peti mati penambangan cryptocurrency di China. Ini juga disebut sebagai cara China mencapai target netralitas karbon pada 2060 karena penambangan Bitcoin dan cryptocurrency lainnya mengkonsumsi banyak energi.


Aksi ini juga menutup semua akses warga China daratan untuk berhubungan dengan cryptocurrency. Pada 2017 silam pemerintah telah melarang penerbitan koin digital (ICO) di China dan menutup semua platform pertukaran cryptocurrency lokal.

Setelah itu, pemerintah melarang lembaga keuangan seperti bank dan lembaga pembiayaan serta fintech seperti Alipay dan WeChat Pay untuk memfasilitasi perdagangan dan transaksi uang kripto.

Bank Sentral China juga turun tangan dan mengambil tindakan keras pada perdagangan dan pembiayaan cryptocurrency dengan menyebut platform perdagangan cryptocurrency luar negeri yang melayani transaksi warga China sebagai kegiatan keuangan ilegal.

Tindakan keras China telah membuat AS menjadi negara penambangan cryptocurrency terbesar di dunia dalam hal hash rate, unit untuk mengukur kekuatan pemprosesan jaringan Bitcoin guna memverifikasi transaksi dan membuat cryptocurrency baru.

Menurut Cambridge Bitcoin Electricity Consumption Index (CBECI) pada Agustus lalu, AS berkontribusi 35,4% pada hash rate global diikuti oleh Kazakhstan dan Rusia. Adapun China menuju 0%.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading