Harga PCR Jawa-Bali Turun Jadi Rp 275 Ribu, Ini Alasannya!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
27 October 2021 17:10
Infografis/ Naik Pesawat Luar Jawa Bali, Boleh Pakai Antigen/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Kesehatan mengumumkan penurunan harga swab tes PCR. Saat ini tes tersebut seharga Rp 275 ribu untuk wilayah Pulau Jawa dan Bali, serta Rp 300 ribu di luar wilayah itu. Aturan ini berlaku mulai hari ini.

Penurunan ini terjadi setelah melakukan audit pada komponen alat dan jasa yang digunakan saat melakukan RT-PCR.

Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polhukam, Iwan Taufiq, mengatakan berdasarkan audit harga pasar serta e-catalogue terdapat potensi harga yang lebih rendah.


"Penurunan harga cover all seperti alat pelindung diri, harga reagen PCR dan RNA-nya, serta penurunan biaya overhead. Hasil tersebut sudah kami sampaikan ke dirjen pelayanan kesehatan menjadi pertimbangan lebih lanjut," kata Iwan dalam konferensi pers virtual, Rabu (27/10/2021).

Hal serupa juga dikatakan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Abdul Kadir. Dia mengatakan harga baru ini berdasarkan jasa layanan, reagen, barang habis pakai, serta komponen administrasi.

"BPKP melakukan audit secara transparan bahwa sekarang ini penurunan harga alat termasuk bahan habis pakai tentunya hasmat. Sehingga menyebabkan harga dari 495 ribu menjadi 275 ribu," ungkapnya.

Penurunan harga ini berselang dua bulan setelah pengumuman Agustus lalu. Saat itu harga PCR turun dari Rp 900 ribu menjadi maksimal Rp 495 ribu untuk Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali menjadi Rp 525 ribu.

Sementara itu selain mengumumkan penurunan harga, Kementerian Kesehatan juga mengumumkan durasi hasil RT-PCR. Saat ini menjadi 1x24 jam setelah swab pengambil tes tersebut.

Jadi harga tersebut tidak ada perbedaan dengan harga bergantung pada jangka waktu hasil RT-PCR keluar. Abdul Kadir menambahkan jika yang ada dalam surat edaran adalah harga batasan tertinggi, jadi tidak dibenarkan apapun alasannya dengan harga lain.

"Batas tertinggi disampaikan surat edaran, maksimal 1x24 jam," ujar dia.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading